Kamis, 9 Februari 2023

Hasil BWF World Tour Finals: Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (kanan) pebulu tangkis ganda putra. Foto: Antara

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ganda putra Indonesia memastikan satu tiket semifinal BWF World Tour Finals 2022 setelah lawannya, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik wakil Malaysia pada laga kedua Grup B, Kamis (8/12/2022).

Mengutip Antara, Liu/Ou dan Ahsan/Hendra kini sama-sama memiliki dua kemenangan dari dua pertandingan fase grup, sehingga para pesaingnya di Grup B tidak bisa lagi menyamakan keadaan pada satu pertandingan tersisa.

Hasil kemenangan itu, Ahsan/Hendra dan Liu/Ou pun berhak melaju keempat besar dari Grup B. Nantinya kedua pasangan ini akan bertanding pada Jumat (9/12/2022) untuk menentukan juara grup.

“Pertama, alhamdulillah bersyukur bisa mencapai target lolos grup dan ke semifinal,” ucap Ahsan dalam pernyataan tertulis PBSI di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

“Untuk besok, kami akan diskusi dulu apa strategi yang akan kami pakai. Yang pasti kami mau performa ini terus terjaga,” kata Hendra menimpali.

Pasangan yang tiga kali juara BWF World Tour Finals itu langsung tancap gas sejak bergulirnya BWF World Tour Finals 2022. Setelah mengalahkan Aaron/Soh dua gim langsung, pasangan berjuluk The Daddies itu berhasil peroleh kemenangan straight game atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen wakil Denmark.

Lain halnya Ahsan/Hendra, Fajar/Rian sudah mengemas dua kemenangan namun harus bersabar untuk lanjut ke semifinal dari Grup A.

Fajar/Rian baru bisa memastikan tiket ke semifinal apabila menang saat melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia pada laga pamungkas, Jumat (9/12/2022).

Fajar/Rian memperoleh dua kemenangan saat menghadapi Choi Sol Gyu/Kim Won Ho wakil Korea Selatan dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi pasangan Jepang.

Selain itu, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dua tunggal putra Indonesia kompak menang atas lawannya masing-masing di laga kedua.

Jojo sapaan akrabnya, berhasil mengalahkan Loh Kean Yew juara dunia asal Singapura melalui rubber game. Sedangkan, Anthony memetik kemenangan kedua setelah menundukkan Chou Tien Chen.

Sementara itu, tiga wakil Indonesia lainnya di tiga nomor berbeda gagal toreh kemenangan di laga kedua. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti ganda putri Indonesia harus menelan kekalahan dari Zhang Shu Xian/Zheng Yu pasangan China dengan skor 14-21, 19-21.

Namun, Apriyani/Fadia ada harapan untuk lanjut ke semifinal apabila dapat mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pasangan China unggulan pertama pada laga terakhir hari ini.

Kekalahan lainnya juga diderita Gregoria Mariska Tunjung atas An Se Young wakil Korea Selatan 9-21, 21-11, 10-21. Tunggal putri masih memiliki peluang lolos apabila mampu mengalahkan Akane Yamaguchi wakil Jepang di laga terakhir.

Demikian juga dengan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ganda campuran yang tunduk kepada Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong unggulan pertama China 9-21, 20-22.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait