Jumat, 29 Maret 2024

Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Indonesia kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Asia Rugby Sevens Trophy 2022 setelah sukses menggelar kompetisi rugby tingkat Asia tersebut pada 2019.

Asia Rugby Sevens Trophy 2022 berlangsung dua hari 6-7 Agustus 2022, dimulai dengan babak penyisihan, Sabtu (6/8/2022), digelar di area Gelora Bung Karno (GBK) Rugby Pitch, Senayan, Jakarta.

Qais Abdulla Al Dhalai President Asia Rugby mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan ajang terbesar dalam sejarah Asia dengan diikuti oleh 19 tim yang terdiri dari 12 tim putra dan tujuh tim putri.

“Ini adalah salah satu acara terbesar dalam sejarah Asia, kami belum pernah memiliki 19 tim dalam satu acara, kami berharap dua hari itu akan menjadi luar biasa, hari ini dan besok,” kata Qais di area pertandingan, seperti dilaporkan Antara.

Qais memuji perkembangan rugby di Indonesia beberapa tahun terakhir. Hal itu, menurut dia terlihat dari pertandingan pertama timnas putri Indonesia yang berhasil mengalahkan Nepal dengan skor telak 43-0.

“Rugby di Indonesia berkembang pesat, dan kami Asia Rugby mengikuti semua 36 negara di Asia, dan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Jadi, federasi melakukan pekerjaan dengan baik,” ujar Qais.

Didik Mukhriyanto Ketua Umum Pengurus Besar Rugby Union Indonesia (PB PRUI) berterima kasih kepada Asia Rugby dapat kembali mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah selama empat kali berturut-turut.

“Mudah-mudahan kita ikhtiarkan timnas putra dan putri Indonesia ini menjadi tiga besar di Asia,” kata Didik.

Asia Rugby Sevens Trophy 2022 diikuti 19 tim dari 16 negara di Asia, mulai dari Brunei, Singapura, India, Pakistan, Thailand, Iran, Nepal, Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), Afghanistan, Mongolia, Kazakhstan, Irak, Kirgistan dan Guam.

“Mudah-mudahan kita ikhtiarkan timnas putra dan putri Indonesia ini menjadi tiga besar di Asia,” ujar Didik.

Untuk mendorong lebih jauh perkembangan rugby di Indonesia, multiajang Pekan Olahraga Nasional (PON) dirasa menjadi momen yang baik. Terlebih, rugby untuk pertama kalinya dipertandingkan dalam PON XX Papua pada Oktober lalu.

Didik mengatakan rugby juga selanjutnya akan dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara.

“Ini adalah ‘single event’ yang diadakan oleh Asia Rugby satu tahun sekali, dan ‘multievent’ baik SEA Games ataupun Asian Games tentu kita ikhtiarkan Indonesia akan menjadi bagian itu semuanya,” kata Didik.

“Dan, yang terdekat kita akan melakukan PON di Aceh-Sumut, rugby juga menjadi salah satu peserta, dan Insya Allah rugby akan memainkan delapan nomor di pertandingan berikutnya,” imbuhnya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs