Sabtu, 4 Februari 2023

Indonesia Raih Tiga Emas di Hari Pertama Kejuaraan Dunia Wushu Junior

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima penghargaan tertinggi dalam olahraga wushu yang diserahkan langsung Wakil Presiden IWUF Anthony Goh dalam upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (5/12/2022). Foto: Antara

Doddy Rahadi Chef de Mission (CdM) Kontingen Wushu Indonesia mengatakan, tiga medali emas Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) 2022 di hari pertama menjadi kado awal untuk Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI yang begitu perhatian terhadap olahraga wushu.

Indonesia selaku tuan rumah sukses membuka WJWC edisi kedelapan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (6/12/2022) dan membuahkan hasil manis.

Kemenangan itu diperoleh dari masing-masing kategori lewat Josh Tiesto Tanto, Rainer Reinaldy Ferdiansyah, dan Kylie Suyoto Kwok.

“Tiga medali emas itu sebagai kado awal buat Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap wushu Indonesia,” kata Doddy Rahadi di ICE BSD, seperti dikutip Antara, Selasa (6/12/2022).

Doddy mengungkapkan, motivasi atlet Indonesia meningkat setelah acara pembukaan kemarin, serta mendapat suntikan semangat dari Jokowi.

Keberhasilan itu menjadi langkah awal yang baik bagi tuan rumah untuk memenuhi target enam emas.

“Semoga keberhasilan Josh, Rainer, dan Kylie bisa menjadi pemicu motivasi bagi atlet lain dari nomor taolu dan sanda untuk bisa menyumbangkan medali emas,” lanjut Doddy.

Rainer membuka keras emas Indonesia pada hari ini setelah menjadi yang terbaik kelompok junior A putra nomor taolu tajijian/pedang dengan perolehan 9,40 poin.

Atlet dari Sasana Xiao Yao Surabaya Jawa Timur ini berhasil mengalahkan Nguyen Quang Minh wakil Vietnam yang berada di posisi kedia 9,06 poin dan Ali Essam atlet Mesir meraih perunggu usai mengantongi 9,02 poin.

Kemudian Josh juga mengibarkan bendera Merah Putih usai meraih emas di kelompok junior A putra nanquan. Dia mengalahkan 15 pesaingnya dengan nilai terbaik 9,28.

Josh mengalahkan Sota Miyamori asal Jepang dan Ko Yeongwo dari Korea Selatan yang masing-masing memperoleh 9,25 dan 9,18.

Terakhir, Kylie meraih 9,303 poin dan menjadi terbaik di nomor taolu changquan kelompok A putri.

Dia mengalahkan Kai Xin Wong wakil Malaysia yang menempati posisi kedua dengan 9,226 poin dan atlet Macau Weng Ian Wong menduduki urutan ketiga dengan 9,223 poin.(ant/tik/iss)

Berita Terkait