Jumat, 19 April 2024

Jelang Liga 3, PSSI Jatim Tingkatkan Kualitas Perangkat Pertandingan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana acara peningkatan kualitas perangkat pertandingan untuk menjalani liga 3 2022/2023 yang akan digelar pada Oktober 2022 mendatang. Foto: PSSI Jatim

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur mengadakan program peningkatan kualitas perangkat pertandingan, sebagai persiapan melakoni Liga 3, yang akan digelar pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Dyah Puspito Rini Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilakukan untuk menunjang kinerja perangkat pertandingan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa refreshment wasit adalah agenda resmi dan merupakan kewajiban bagi Asprov untuk menyelenggarakan sebelum kompetisi digulirkan.

“Tujuannya tentu saja kita ingin meningkatkan kualitas pertandingan. Lalu, kita juga mengambil data untuk melihat bagaimana performa mereka, dari sisi fisik dan juga tes materi tentang low of the game,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Senin (26/9/2022).

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam program yang dilaksanakan dari tanggal 23 hingga 24 September itu, dikenalkan kembali peraturan-peraturan yang sudah ada. Yakni, dari keputusan mengesahkan gol, handball, offside, pemberian pinalti hingga pemberian kartu kuning dan merah.

Hal tersebut menjadi titik berat dalam pemberian materi, karena menurutnya masih sering terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan saat berada di lapangan.

“Lima hal ini dianggap sangat penting untuk didiskusikan, karena di lapangan sering menjadi masalah keputusannya. Jadi, selain diberi aturannya, mereka juga belajar dan diskusi tentang kasus. Nonton video kemudian dipelajari, baik dari video pertandingan di dalam negeri maupun luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, perangkat pertandingan yang mengikuti refreshment ini adalah wasit bersama asisten wasit, yang akan bertugas memimpin jalannya pertandingan selama perhelatan liga 3 digelar.

Total perangkat pertandingan yang mengikuti program ini sebanyak 63 wasit dan 77 asisten wasit. Dari jumlah tersebut, yang lolos ada 59 wasit dan untuk asisten wasit ada 75 orang.

Ia berharap melalui program yang dilaksanakan selama dua hari satu malam ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kebugaran fisik wasit serta asisten. Sehingga, dalam menjalankan tugas dapat berlangsung dengan maksimal

Sebagai diketahui, dalam perhelatan Liga 3 yang akan berlangsung pada bukan Oktober 2022 di Jawa Timur ini, akan diikuti oleh 58 klub, dan dalam pertandingannya akan dibagi menjadi 14 grup.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs