Kamis, 2 Mei 2024

Jungels Menangi Etape 9 Tour de France, Setelah Sempat Terpapar Covid-19

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bob Jungels Pebalap sepeda tim AG2R Citroen beraksi di etape 9 Tour de France dari Aigle ke Chatel Les Portes du Soleil, Swiss. (10/7/2022). Foto: Reuters

Bob Jungels pebalap Luksemburg berhasil memenangi etape sembilan Tour de France pada akhir solo mountain raid yang panjang pada Minggu (10/7/2022). Capaian tersebut diraih Jungles, setelah sempat terpapar Covid-19 saat akan mengikuti kompetisi di balapan pekan lalu.

Seperi dilaporkan Antara mengutip dari Reuters, pebalap tim AG2R-Citroen itu positif Covid-19, jelang start di Kopenhagen pada Kamis (9/7/2022) lalu, tapi diizinkan ambil bagian setelah tim dokter menyatakan viral load (hasil tes untuk mengukur jumlah virus) sang pebalap cukup rendah.

“Saya menjalani tes pada Kamis pagi. Tapi dengan hasil yang bisa Anda lihat saya dapat start balapan pada Jumat (11/7/2022). Sangat-sangat nyaris, saya yakin. Beruntung saya berhasil,” kata Jungels, yang menjadi pebalap Luksemburg pertama yang memenangi Tour setelah Andy Schleck mengklaim kemenangan di Galibier pada 2011.

Jungles bertahan setelah breakway di bawah terik panas pegunungan Alpen, menahan gempuran Thibaut Pinot asal Prancis, yang menyerah di beberapa kilometer terakhir dan finis keempat setelah menempuh 192,9km dari Aigle ke Chatel, Swiss.

Jonathan Castroviejo pebalap Spnayol finis kedua, 22 detik berselang di belakang Jungels. Sedangkan Carlos Verona rekan senegara Catroviejo melengkapi podium setelah finis empat detik berselang di tempat ketiga.

Tadej Pogacar Pebalap Slovenia mempertahankan kaus kuning pimpinan klasemen umum setelah tampil tenang di peloton, melintasi finis tak jauh di depan Jonas Vingegaard runner-up tahun lalu menyusul sprint pendek ke garis finis.

“Apabila ada kesempatan untuk memperbaiki beberapa detik saja saya akan mengambilnya,” kata Pogacar.

Para pembalap memacu sepeda nya saat mengikuti etape 9 Tour De France dari Aigle ke Chatel les Portes du Soleil dengan jarak tempuh 192,9 km, Swiss, Minggu (10/7/2022). Foto: Reuters

Selain itu Geraint Thomas, di peringkat tiga klasemen umum, tak dapat mengikuti kelompok utama dan kehilangan tiga detik, tertinggal catatam wakti satu menit tujuh belas detik dari pemuncak klasemen. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs