Sabtu, 4 Mei 2024

Kondisi Penyakit Kanker Pele Memburuk

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pele legenda sepak bola Brazil memperpanjang perawatan terakhirnya di rumah sakit untuk pengobatan kemoterapi untuk tumor usus besar di Sao Paulo karena infeksi saluran kemih pada 21 Februari 2022. Dok: AFP

Rumah sakit yang merawat Pele, legenda pesepak bola Brazil itu menyatakan kondisi penyakitnya semakin memburuk.

Antara yang mengutip AFP, Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo mengatakan bahwa pria berusia 82 tahun itu sedang di rawat di ruang perawatan terkait penyakit kanker, serta disfungsi ginjal dan jantung, Rabu (21/12/2022) waktu setempat.

Legenda pesepakbola itu dirawat di rumah sakit sejak 29 November lalu untuk melakukan evaluasi ulang perawatan kemoterapi sejak menjalani operasi pengangkatan tumor usus besar pada September 2021.

Para dokter juga mendiagnosis Pele mengalami infeksi pernapasan.

Kely Nascimento dan Flavia Arantes, dua putri Pele berusaha meyakinkan para penggemar terkait kesehatan ayahnya dengan menyangkal laporan yang masuk perawatan di akhir hayat pada awal bulan ini.

“Edson Arantes do Nascimento memperlihatkan perkembangan penyakit kanker dan membutuhkan perawatan yang lebih besar terkait disfungsi ginjal dan jantung,” kata rumah sakit itu.

Mereka menegaskan bahwa Pele tidak menjalani perawatan intensif.

Setelah beberapa menit pengumuman rumah sakit itu, Nascimento dan Arantes mengatakan melalui Instagram bahwa ayah mereka tidak akan pulang saat Natal.

“Natalan kami di rumah sudah dibatalkan,” tulis mereka.

“Bersama para dokter kami memutuskan bahwa, untuk berbagai alasan, akan lebih baik bagi kami untuk tinggal di sini bersama semua perhatian yang diberikan oleh keluarga baru di Einstein ini!!”

Sekadar informasi, Pele mencetak lebih dari 1.000 gol dalam masa kariernya di bidang olahraga. Dia merupakan satu-satunya yang menjuarai Piala Dunia tiga kali yakni di tahun 1958, 1962 dan 1970.

Kondisi kesehatan “The King” beberapa tahun terakhir sudah rapuh dan semakin jarang muncul di depan umum, namun masih aktif di media sosial.

Dia sering mengunggah pesan selama Piala Dunia 2022 Qatar, termasuk menyemangati Neymar bintang Brazil setelah ‘Selecao’ ditaklukkan oleh Kroasia dalam perempat final di turnamen terbesar dunia.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs