Sabtu, 20 April 2024

Marines Rubber Boat Race di Kalimas Surabaya Akan Diikuti Ratusan Peserta

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Saud Tambatua (baju putih) saat melalukan start untuk peserta MBRR di Sungai Kalimas, Jumat (25/3/2022). Foto: Budi suarasurabaya

Kejuaraan Marine Rubber Boat Race (MBRR) akan digelar di sungai Kalimas Surabaya pada tanggal 25-28 Maret 2022.

Kejuaraan tersebut digelar dalam rangka HUT Pasukan Marinir (Pasmar) 2 ke-21 yang jatuh pada 22 Maret 2022 lalu.

Brigjen TNI (Mar) Suherlan mengaku sangat senang dan bangga sekaligus mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan MRBR.

Saat membuka pelaksanaan kejuaraan MRBR, Jenderal bintang satu ini menyebut animo masyarakat pada kejuaraan ini cukup besar. Terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 116 orang berasal dari internal korp Marinir, TNI Angkatan Darat, Kepolisian, juga pelajar dan umum.

Dengan banyaknya animo peserta, kata Suherlan, sekaligus sebagai bukti kalau kegiatan Korp Marinir sangat terbuka untuk masyarakat.

“Ini digagas untuk mewadahi kegiatan kegiatan yang sifatnya bahari atau perairan. Gabungan unsur olahraga, rekrasi dan kemiliteran. Sehingga Marines Rubber Boat Race kegiatan olahraga yang memadukan kekuatan, ketangkasan dan kemahiran,” ungkapnya dalam pembukaan MBRR yang digelar Jumat (25/3/2022).

Suherlan juga menyebut kegiatan ini nantinya tidak hanya digelar tahun ini saja, namun akan menjadi kalender rutin tahunan korp marinir yang bekerjasama dengan unsur lain. Di antaranya dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Basarnas dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) karena olahraga ini sangat erat hubungannya dengan antisipasi untuk penanggulangan bencana alam.

Menanggapi kegiatan ini, Mayjen Purnawirawan TNI (Mar) Frederikus Saud Tambatua Ketua Umum PB FAJI juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Danpasmar 2 dalam rangka HUT-nya yang ke-21 ini.

“Dalam kegiatan ini banyak sekali lingkup yang bisa dijelaskan karena sangat inovatif. Selain mempertandingkan olahraga arung jeram juga mempertandingkan olahraga lain. Arung jeram di-mix dengan olahraga dayung dan olahraga kemasyarakatan. Sehingga cukup menarik untuk disaksikan”, tambahnya.

Apalagi, kata Saud Tambatua, di kegiatan ini banyak peserta yang sangat antusias sekali. Terbukti jumlah pesertanya cukup banyak, sehingga harapannya olahraga arung jeram juga bisa semakin memasyarakat di lingkungan pelajar masyarakat umum dan juga TNI – Polri.

Selain dibuka Brigjen TNI (Mar) Suherlan, acara hari ini juga dihadiri beberapa pejabat di lingkungan Pengprov Jatim Surabaya dan Sidoarjo di antaranya Pulung Chausar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dan beberapa pengurus KONI Jawa Timur dan Surabaya.(bud/dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
34o
Kurs