Kamis, 25 April 2024

Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zainudin Amali Menpora dan Senny Marbun Ketua Umum NPC Indonesia memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah menegaskan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games yang diagendakan berlangsung bulan Juli 2022.

Pernyataan itu disampaikan Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Selasa (22/3/2022) sore, sesudah rapat kabinet terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta.

“Setelah kami menyampaikan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung Bapak Presiden tadi telah diputuskan Indonesia bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” ujarnya.

Menpora menjelaskan, sebetulnya yang jadi ruan rumah ASEAN Para Games 2022 adalah Vietnam. Tapi, Vietnam batal karena ada kendala.

Kemudian, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah event olahraga bertaraf internasional tersebut.

“Sehingga diberi kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri dan kita, NPC, Pak Senny Marbun, dan teman-teman menyampaikan kesiapan kita dan itu yang kita laporkan kepada Bapak Presiden,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menpora menyebut ASEAN Para Games 2022 akan dilaksanakan akhir bulan Juli, di Jawa Tengah. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011.

“Nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Surakarta, ada Sukoharjo, ada Karanganyar, ada beberapa tempat yang akan menjadi tempat pelaksanaan. Kenapa di sana? Karena memang pertama adalah pemusatan latihan atlet-atlet paralympic kita itu ada di Jawa Tengah, di Surakarta, dan sekitarnya,” tutur Zainudin.

Selain itu, Menpora juga mempertimbangkan fasilitas yang ada di Kota Surakarta, Jawa Tengah untuk mendukung pelaksanaan ajang olahraga yang akan mempertandingkan 14 cabang.

“Di sana itu ada rumah sakit namanya Rumah Sakit Dr. Soeharso itu kita tahu fungsi dari rumah sakit itu dan di samping itu juga di sana ada UNS, Universitas Negeri Sebelas Maret yang sangat memberikan dukungan dan back up khususnya untuk sport site,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Senny Marbun Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia optimistis Indonesia bisa memberikan yang terbaik dan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022.

“Di atas kertas, kita sudah hitung-hitungan kita bisa juara umum karena di Malaysia kemarin kita pun kelasnya jauh di atas Malaysia dan Thailand,” kata Senny.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs