Selasa, 7 Mei 2024

Menpora tak Ingin Liga Sepak Bola Terhenti Terlalu Lama

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Foto: Kemenpora

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, menginginkan kompetisi sepak bola Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 tidak terhenti terlalu lama, sebab ini dapat menyulitkan klub dan pemain.

Ia juga menambahkan, tidak tahu kapan pastinya kompetisi sepak bola nasional kembali bergulir di saat pemerintah masih melakukan audit stadion yang biasa digunakan untuk pertandingan Liga 1.

“Sejalan dengan arahan pak presiden, kita akan ada kepastian kapan akan mulai lagi liga, dan yabg diaudit adalah stadion-stadion yang sudah ada dan digunakan. Terkait kapan liga dimulai, kami belum tahu ya, kami akan mensimulasikan lagi,” ungkap Zainudin dikutip dari Antara melalui laman resmi Kemenpora di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Ia mengungkapkan nasib kelanjutan kompetisi menjadi hak PSSI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan sama-sama merumuskan sistem pertandingan yang bisa diterapkan.

“Jadinya seperti apa nanti biarlah PSSI, pengelola kompetisi dan Polri yang merumuskan seperti apa. Posisi pemerintah hanya memfasilitasi dan membantu. Pemerintah tak sampai turut campur termasuk dalam menentukan jam pertandingan dan sebagainya,” ujarnya.

Zainudin kembali menegaskan pemerintah saat ini sedang fokus pada penyelesaian kasus dan penanganan korban tragedi Kanjuruhan, Malang agar dapat diselesaikan dengan tuntas dan secepatnya.

Sementara itu, PSSI mengatakan liga sepak bola nasional baru bisa dilanjukan setelah ada persetujuan dari FIFA.

Ahmad Riyadh anggota Komite Eksekutif PSSI menyatakan bahwa federasi saat ini masih perlu menata ulang prosedur pengamanan dan format kompetisi yang lebih baik.

“Berhenti dulu sampai format pengamanan dan format kompetisi tertata ulang dengan bagus. Kalau sudah baik, nanti disetujui FIFA baru akan kami laksanakan lagi,” ujar Ahmad. (ant/tik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
26o
Kurs