Jumat, 29 Maret 2024

Nomor 46 Valentino Rossi akan Dipensiunkan di Mugello

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Valentino Rossi pebalap Monster Energy Yamaha asal Italia memacu kendaraannya dalam sesi latihan MotoGP di sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Selasa (6/11/2019). Foto: AFP/ Antara

Nomor motor balap 46 yang identik dengan Valentino Rossi di MotoGP akan dipensiunkan di Sirkuit Mugello, dalam Grand Prix Italia akhir bulan ini.

Seperti juara dunia sembilan kali serta legenda MotoGP itu, angka 46 akan mendapatkan upacara perpisahan di lintasan lurus depan pit building Mugello, jelang kualifikasi.

“Rossi akan menghadiri upacara tersebut sebagai penghormatan atas warisannya mempopulerkan MotoGP di mata dunia dengan mengenakan nomor 46 di motornya selama 26 musim berkiprah di dunia balap roda dua,” seperti dilaporkan Antara mengutip laman resmi MotoGP, Sabtu (14/5/2022).

Pebalap berjuluk The Doctor itu pensiun akhir musim lalu setelah mengantongi sembilan gelar juara dunia, 115 kemenangan dan 235 podium di semua kelas.

Dia kemudian dianugerahi gelar legenda MotoGP di Valencia pada November tahun lalu.

“Saya rasa hal paling positif dalam karier saya adalah banyak orang mulai mengikuti MotoGP untuk mengikuti karier saya dari awal, dan olahraga ini menjadi lebih besar, lebih terkenal di Italia tapi juga di seluruh dunia,” kata Rossi seperti dikutip Reuters di akhir tahun lalu.

“Lega mengetahui bahwa selama karier saya, saya menjadi sesuatu yang berbeda, sesuatu seperti ikon dan ini kehormatan yang luar biasa.”

Selain #46 milik Rossi, #58 milik Marco Simoncelli, #69 Nicky Hayden, dan #34 Kevin Schantz merupakan beberapa nomor pebalap yang pensiun digunakan di kelas premier.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs