Kamis, 28 Maret 2024

Persib Kalahkan Persebaya dengan Skor 3-1

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Persib vs Persebaya di Piala Presiden 2022. Foto: Antara

Persib Bandung berhasil memetik tiga poin setelah menaklukkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 pada laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022) malam.

Laga tersebut dimulai pada pukul 20.30 WIB. Adapun Persib pada laga itu berstatus sebagai tim tandang dan mengenakan seragam berwarna putih, sedangkan Persebaya berstatus sebagai tim kandang mengenakan seragam hijau kebanggaannya.

Antara melaporkan, pada lima menit pertama, Persib mendominasi pertandingan dengan sejumlah peluang dari Beckham Putra dan David Da Silva. Namun serangan itu belum mampu mengungguli Persebaya.

Saat memasuki menit ke-10, Persebaya mulai bisa memainkan tempo penguasaan bola. Hingga pada menit ke-14, penyerang Persebaya Januar Eka mendapat peluang, tetapi tembakannya masih belum menemui target.

Penalti didapat Persebaya di menit ke-15, akibat Victor Igbonefo melanggar Supriadi. Lelis yang maju sebagai eksekutor penalti berhasil membobol gawang Fitrul dengan tendangannya ke kiri gawang. Persebaya unggul 1-0 atas Persib.

Beranjak ke menit 20, Persib Bandung berupaya mengejar ketinggalannya. Lalu pada menit ke-21, David Da Silva melakukan tembakan tepat sasaran, tetapi bolanya berhasil ditangkap Kiper Persebaya Andhika R.

Ujungnya, di menit ke-24 gol akhirnya tercipta untuk Persib Bandung. Gol terjadi setelah ada kemelut di depan gawang Persebaya. Ciro Alves yang sempat melakukan tendangan salto, tetapi bolanya membentur tiang atas dan muntahan bola diterima Victor Igbonefo yang menyambut dengan tendangan terarah.

Tetapi bola itu membentur lagi bek Persebaya, hingga akhirnya Victor kembali menerima muntahan bola yang memantul ke atas dan Igbonefo melakukan sundulan hingga berhasil menjebol gawang. Skor kini imbang 1-1.

Namun gol tersebut harus dibayar dengan pergantian pemain. Pasalnya Victor Igbonefo harus keluar lapangan karena diduga cedera akibat gol itu. Victor keluar digantikan oleh Ahmad Jufrianto di menit ke-27.

Selanjutnya Persib Bandung mendapat peluang melalui tendangan bebas. Ezra yang bertugas melakukan tendangan bebas itu mengumpan ke depan gawang Andhika.

Umpan sempurnanya itu langsung disambut Nick Kuipers yang tak dikawal ketat bek Persebaya. Nick Kuipers berhasil mencetak gol dengan sundulannya hingga membawa Persib berbalik unggul dengan skor 2-1.

Persebaya mencoba kembali menyerang untuk menyamakan kedudukan. Namun Penyerang Persebaya Januar Eka berbenturan dengan Kiper Persib Fitrul.

Akhirnya Januar pun tersungkur hingga harus ditandu keluar lapangan. Januar digantikan oleh penyerang Persebaya lainnya yakni Silvio Rodrigues.

Tak usai di situ, laga pun berlanjut hingga memanas. Pada menit ke-40, Pemain Persib Ciro Alves diganjar kartu kuning karena lututnya yang membentur bek Persebaya Dandi Maulana.

Setelah menginjak menit ke-45, wasit memberi tambahan waktu selama lima menit. Di momen-momen akhir babak pertama itu, bek Persebaya David Maulana melakukan pelanggaran handball saat berupaya menerima bola.

Sehingga di menit ke-47 itu, Persib mendapat tendangan bebas yang dieksekusi oleh David Da Silva. Namun tembakannya itu tidak menemui sasaran karena bola melambung jauh ke atas gawang tim berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Memulai babak kedua, Persebaya melakukan pergantian pemain, Supriadi dan Dendy Agus digantikan Higor Vidal dan Sho Yamamoto.

Hanya butuh satu menit memulai laga, Persebaya langsung mendapat peluang yang cukup membahayakan. Berawal dari tendangan penjuru, Yamamoto yang ada di hadapan gawang tak tak berhasil mengeksekusi, tembakannya itu berhasil diantisipasi Kiper Persib Fitrul.

Pada menit ke-51, Bek Persebaya Lelis mendapat kartu kuning. Dia diganjar hukuman itu karena mendorong Beckham Putra hingga tersungkur.

Berlanjut pada menit ke-62, Persebaya hampir menyamai kedudukan dengan Persib. Gol dari Brylian dianulir oleh wasit karena dirinya terjebak pada posisi offside.

Semenit setelahnya, Persib melakukan pergantian pemain. Gelandang Sayap Persib Febri Haryadi digantikan oleh Erwin Ramdani, dan David Da Silva digantikan oleh Frets Butuan.

Sedangkan di menit ke-69, Persebaya juga melakukan pergantian pemain. Kapten yakni Alwi Slamet keluar digantikan oleh Marselino.

Menit ke-71, Persebaya hanya selangkah lagi bisa mengejar ketinggalannya atas Persib. Leo Lelis yang menjadi algojo tendangan bebas, tembakannya meluncur tepat ke gawang Persib. Namun Fitrul dengan cakap menepis tembakan itu.

Di menit ke-79, Persib kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini Ezra keluar digantikan Dedi Kusnandar dan Beckham Putra keluar digantikan Arsan Makarim. Lalu pada menit ke-81, Persebaya mengganti Brylian dengan memasukkan Julian Mancini.

Wasit memberikan tambahan waktu selama enam menit saat laga menginjak menit ke-90. Beberapa menit sebelumnya, kedua kesebelasan sama-sama berupaya menambah keunggulan.

Namun kesempatan itu baru didapat oleh Persib pada menit ke-92. Ciro Alves yang menyambut umpan terobosan dari Frets butuan, menggiring bola hingga ke jantung pertahanan Persebaya.

Penyerang anyar Persib itu, menciptakan gol setelah mengelabui dua Bek Persebaya. Tendangan dari kaki kirinya itu tak mampu dibendung oleh Andhika Ramadhan. Persib memantapkan kemenangannya dengan skor 3-1.(ant/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs