Kamis, 28 Maret 2024

Petugas dan Panitia Siap Jamin Keamanan MotoGP Mandalika, Seperti Apa Kondisinya…

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Situasi terkini di seputaran Sirkuit Mandalika, tampak petugas mulai mengatur ruas jalan, Kamis (17/3/2022). Foto: Dimas Suara Surabaya Media

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mempersiapkan sejumlah pengamanan untuk menyambut gelaran MotoGp Mandalika, yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat 18-20 Maret 2022.

Kombes. Pol. Artanto Kabid Humas Polda NTB, saat ditemui oleh Bintang dan Dimas tim Suara Surabaya Media di Media Center MotoGP Mandalika, Kamis (17/3/2022) menjelaskan, Polda NTB akan dibantu oleh unsur TNI serta stakeholder terkait, dalam mengamankan gelaran berskala internasional tersebut.

“Kita akan menjalankan operasi dengan sandi “Operasi Mandalika 2022″ dengan total personel sejumlah 3.427 orang. Ini tersebar di dalam dan di luar wilayah gelaran,” ujarnya.

Operasi akan terbagi menjadi 3 fokus, yakni rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di sekitaran venue, patroli penerapan protokol kesehatan, dan patroli secara terbuka untuk mengurangi niat pelaku kejahatan. Hal ini dimaksudkan, agar penonton merasa aman dengan hadirnya kepolisian di sekitaran area gelaran.

Artanto juga menitipkan pesan, agar penonton saling menjaga dan tetap waspada dengan keamanan barang-barangnya dan tidak terjebak euforia. Sementara itu, terkait potensi komplotan pencuri/copet di lokasi keramaian, kepolisian telah menyiapkan antisipasi berupa petugas berpakaian preman.

“Sudah kami siapkan beberapa personel yang tidak memakai pakaian dinas, dan tugasnya akan cenderung mengawasi dan memonitoring gerak-gerik orang yang dicurigai. Lokasinya nanti lebih fokus di tempat keramaian seperti di sentra UMKM dan wisata,” tegas Artanto.

Gelaran MotoGP Mandalika akan diawali dengan free practice satu dan dua, yang dimulai pada, Jumat (18/3/2022), dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WITA. Sementara kualifikasi akan dilaksanakan pada Sabtu (19/3/2022) dan race digelar pada Minggu (20/3/2022).

Sebelumnya, dikabarkan seluruh hotel yang ada di Lombok telah terisi penuh oleh wisatawan. Bintang Ramadhani tim Suara Surabaya dalam laporannya pada, Kamis (17/3/2022) sore menjelaskan, bahwa kabar tersebut tidak benar.

“Dari kapasitas 17 ribu kamar yang telah disediakan, baru terisi sekitar 11 ribu kamar. Jadi masih tersisa enam ribuan kamar di wilayah Mataram dan pelosok-pelosok Lombok, tapi kalau di sekitaran sirkuit memang sudah penuh terisi,” terangnya.

Tribun penonton di Sirkuit Mandalika tampak steril dan siap digunakan, Kamis (17/3/2022). Foto: Dimas Suara Surabaya Media

Bintang menambahkan, tiket hari terakhir pada, Minggu (20/3/2022), sudah habis terjual. Meski demikian, panitia penyelenggara masih belum terlihat menyiapkan Giant Screen untuk pengunjung yang kehabisan tiket hari terakhir.

Terkait dengan potensi hujan di lokasi selama gelaran berlangsung, pihak panitia telah bekerjasama dengan BMKG dan TNI AU untuk melakukan rekayasi cuaca agar tidak terjadi hujan. Stand UMKM juga telah disiapkan oleh panitia untuk bisa dinikmati pengunjung selama gelaran berlangsung. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs