Kamis, 18 April 2024

Rio Waida Bertekad Terus Kejar Tiket Olimpiade Paris 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rio Waida peselancar Indonesia usai pertandingan World Surf League (WSL) 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) TN Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (3/6/2022). Foto: Antara

Rio Waida atlet selancar ombak Indonesia bertekad terus mengejar tiket Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya Rio harus puas dengan medali perak pada turnamen ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, Amerika Serikat pada akhir pekan lalu. Hal itu menyebabkan ia gagal mengambil kesempatan untuk mengamankan slot.

Melansir Antara, melalui unggahan media sosial miliknya, Selasa (27/9/2022), Rio mengaku senang dengan performa yang dia tunjukkan dalam turnamen tersebut.

Pria berdarah Indonesia-Jepang yang tembus 16 besar dalam Olimpiade Tokyo 2022 itu bahkan sempat memperoleh poin tertinggi pada hari kelima piala dunia selancar ombak yang digelar pada 16 hingga 24 September 2022 tersebut.

“Saya sudah siap untuk bertanding di pertandingan selancar dunia @isasurfing ini, kualifikasi pertama untuk @olympics. Sayangnya kami tidak mendapatkan tempat untuk Paris 2024 tetapi kami masih memiliki dua kualifikasi lagi. Jalan masih panjang, level kami meningkat setiap hari,” kata Rio.

Namun, Rio yang berangkat bersama dua rekan senegaranya, I Ketut Agus dan Dhany Widianto, mengaku sedikit kecewa “karena sudah sangat dekat untuk mendapatkan tempat.”

“Mungkin kami tidak cukup, mungkin kami harus bekerja lebih keras, dan inilah hasilnya. Tapi yang utama tetap fokus dan kejar mimpi. Jangan pernah menyerah,” kata Rio.

“Tim melakukan pekerjaan luar biasa, kami saling mendukung, kami memiliki tim yang kuat, tim yang selalu membawa energi, cinta yang luar biasa. Saya cinta tim Indonesia, selalu senang. Saya tidak sabar untuk kualifikasi berikutnya.”

Dalam unggahan sebelumnya Rio juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga, teman, tim, manajer, pelatih, sponsor, dan semua orang yang telah mendukungnya.

“Saya tidak akan berada di sini tanpa semua dukungan Anda. Terima kasih atas pesan dan dukungan Anda. Banyak sekali turun naik tetapi sekarang saya bersemangat untuk mendapatkan hasil bagus lainnya,” ujar Rio.

Sementara itu, tim putra Jepang telah mengamankan satu slot Olimpiade Paris 2024 berkat kemenangan peraih perak Olimpiade Tokyo 2022 Kanoga Igarashi pada ISA World Surfing Games 2022.

Turnamen kualifikasi cabang olahraga selancar ombak masih akan berlangsung hingga 2024 dengan kategori putra ada 21 kuota tersisa yang bakal diperebutkan dalam sejumlah kompetisi.

Ada sepuluh tiket dalam World Surf League (WSL) Championship Tour yang akan digelar pada Januari-September 2023 dan satu kuota bagi wakil terbaik dari setiap kontinen dalam ISA World Surfing Games 2023.

Selain itu, masih ada lima kuota lain bagi lima atlet dengan ranking tertinggi pada ISA World Surfing Games (WSG) 2024 dan satu slot untuk NOC terbaik pada ISA WSG 2024.(ant/gat/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
26o
Kurs