Rabu, 17 April 2024

Roger Federer Pamit dari Tenis dalam Laga Terakhirnya di Laver Cup

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Roger Federer dalam laga di Laver Cup yang sekaligus mengakhiri kariernya di dunia tenis. Foto: Laver Cup

Roger Federer menggambarkan karir tenisnya sebagai perjalanan yang sempurna, meskipun harus menutupnya dengan kekalahan dalam Laver Cup saat bermain ganda bersama rivalnya Rafael Nadal , Jumat (23/9/2022) malam waktu London di O2 Arena London.

Mewakili tim Eropa bertanding, Nadal/Federer kalah dari Jack Sock/Frances Tiafoe (Amerika Serikat) sehingga tim Dunia mampu menyamakan kedudukan jadi 2-2 dengan tim Eropa.

Juara Grand Slam 20 kali yang mengalami cedera lutut itu diketahui sudah tidak bertanding secara kompetitif sejak perempat final Wimbledon 2021, dan pekan lalu mengumumkan pensiun pada usia 41 tahun.

“Saya senang, saya tidak sedih. Senang rasanya berada di sini dan saya menikmati mengikat sepatu saya sekali lagi. Semuanya adalah yang terakhir kali. Pertandingannya hebat, saya tidak bisa lebih bahagia. Ini luar biasa,” kata Federer, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (24/9/2022).

Federer telah melewati masa persaingan ketat dengan Nadal selama hampir dua dekade. Bersama-sama mereka telah memenangi 42 gelar tunggal Grand Slam di era keemasan untuk sektor putra.

Keduanya, yang pertama kali bertemu pada 2004, memiliki catatan 40 kali bertemu dalam pertandingan, termasuk di sembilan final Grand Slam, dengan Nadal memegang rekor kemenangan 24-16.

Namun dalam pertandingan yang dimulai Jumat malam, dia berada di kubu yang sama untuk berpisah dengan Federer, yang telah menjadi petenis profesional hampir seperempat abad yang lalu.

Dia tidak dapat menahan emosinya ketika berbicara di arena selama wawancara di lapangan.

“Bermain dengan Rafa di tim yang sama, dan memiliki para pemain, semua orang di sini, semua legenda… terima kasih,” kata Federer sambil menangis, yang ditemani orang tua, istri dan empat anaknya di lapangan.

“Ini terasa seperti perayaan bagi saya.”

“Saya ingin merasakan seperti ini pada akhirnya dan itulah yang saya harapkan, jadi terima kasih. Ini adalah perjalanan yang sempurna dan saya bersedia untuk melakukannya lagi,” imbuhnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs