Rabu, 17 Agustus 2022

Sumbang Emas untuk Indonesia, Atlet Para Games Surabaya Berkesempatan Dapat Beasiswa di Unesa

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Firza Faturahman Listianto, atlet Jawa Timur (Jatim) dalam cabang olahraga (cabor) atletik kelas 46 berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2022. Foto: Humas Unesa

Firza Faturahman Listianto, atlet Jawa Timur (Jatim) dalam cabang olahraga (cabor) atletik kelas 46 berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2022. Atlet asli Surabaya itu berhasil mempersembahkan emas setelah mengalahkan atlet negara lainnya pada Senin (1/8/2022).

Dwi Cahyo Kartiko, Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) mengatakan, penambahan medali tersebut memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen. Selain itu, yang menggembirakan, Firza merupakan atlet ini asli Surabaya yang tidak diunggulkan untuk meraih medali karena tidak termasuk elit atlet.

“Firza tidak ada di lintasan terbaik atau berada di lintasan delapan. Namun dia tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara,” ujarnya.

Atlet kelahiran Keputih, 21 Mei 2004 ini tengah duduk di bangku kelas XII SMA. Sebelumnya ia juga sudah berkali-kali meraih medali di berbagai kompetisi olahraga. Pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019 ia meraih tiga medali emas. Kemudian menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021. Lalu mendapat medali perak di Dubai.

Firza Faturahman Listianto, atlet Jawa Timur dalam cabang olahraga atletik kelas 46 berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2022. Foto: Istimewa

Atas keberhasilan putra asal Surabaya tersebut, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor Unesa memberikan beasiswa kuliah S-1 sampai selesai di Unesa.

“Sebagai kampus yang ramah disabilitas dan komitmen dalam memajukan olahraga Indonesia kami memberikan apresiasi khusus kepada Firza berupa beasiswa kuliah gratis S-1 sampai lulus,” ujar Cak Hasan di Unesa pada Selasa (2/8/2022).

“Semoga apresiasi dari Unesa bisa memotivasi para atlet dalam menorehkan prestasi dan membanggakan daerah dan merah putih di kancah Internasional,” tukasnya

“Apresiasi dari Unesa ini saya melihatnya satu sisi yaitu komitmen sebagai kampus yang ramah disabilitas dan sisi lainnya sebagai komitmen dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional. Unesa memberikan apresiasi tanpa sekat dan memberikan akses dan kesempatan yang sama semua semua anak negeri untuk berpendidikan dan berprestasi,” tutupnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
31o
Kurs