Rabu, 6 Juli 2022

Surabaya Jadi Tuan Rumah Indonesian Basketball Festival

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pertandingan Bola Basket Putri di GOR Pancasila, Rabu (18/5/2022) Foto : Dinkominfo Pemkot Surabaya

Kota Surabaya menjadi tuang rumah Indonesian Basketball Festival (IBF) yang digelar di GOR Pancasila mulai 18 – 22 Mei 2022.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan, Pemerintah Kota menggandeng IBF dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

“Kegiatan ini adalah bagian dari Road to FIBA Asia Cup Indonesia 2022, yang turut serta meramaikan serangkaian kegiatan peringatan HJKS ke-729,” kata Wiwiek Widayati.

Pertandingan IBF ini tiap harinya dimulai pukul 10.30 WIB, dengan diikuti oleh delapan tim putra dan enam tim putri yang berasal dari Kota Surabaya dan Malang.

Usai pertandingan IBF, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga menggelar Kejuaraan Basket antar Pelajar SMP untuk memperebutkan Piala Wali Kota, yang diselenggarakan di GOR Pancasila dan Lapangan Indoor Gelora Bung Tomo (GBT) pada 23-29 Mei 2022.

“Ayo masyarakat Surabaya ikut meramaikan serangkaian HJKS dengan menyaksikan pertandingan olahraga basket. Masyarakat bisa langsung hadir di lokasi secara gratis, dengan tetap memperhatikan prokes,” ujarnya.

Sementara itu, Dave Leopold Marthen Event Manager Indonesian Basketball Festival (IBF) mengatakan, Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Asia Bola Basket di Jakarta pada 12-24 Juli 2022 mendatang. Karena itu, IBF juga menggelar sejumlah pertandingan bola basket di sejumlah kota di Indonesia.

“Rangkaian ini ada di beberapa kota, sebelumnya digelar di Timika, Bali, D.I Yogyakarta dan hari ini di Surabaya. Total klub yang bertanding di IBF Surabaya Series ada 14 tim, dengan 12 tim dari Kota Surabaya dan 2 tim dari Kota Malang,” kata Dave.

Dave mengaku, melalui ajang IBF, ia berharap peringatan HJKS ke-729 mampu memunculkan semangat dan kreativitas para pemuda dan pemudi di Kota Surabaya, khususnya dalam dunia olahraga bola basket. Sebab, ia meyakini bahwa kreativitas para anak muda turut menjadi bagian dalam pembangunan sebuah kota.

“Kami ingin menunjukkan kalau para pemain terbaik ini mampu diperhitungkan di dunia olahraga nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat Kota Surabaya yang ingin menonton pertandingan bola basket bisa langsung mendatangi GOR Pancasila dengan menunjukkan bukti vaksinasi dosis dua melalui scan barcode aplikasi Peduli Lindungi.

“Selain pertandingan bola basket, terdapat beberapa stand UMKM, mulai kuliner hingga fashion yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Bagi para pecinta bola basket, ayo saksikan IBF untuk ikut memeriahkan peringatan HJKS ke-729,” pungkasnya.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs