Kamis, 8 Desember 2022

UEFA Nations League: Portugal Lumat Ceko, Spanyol Takluk di Kandang Sendiri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bek Portugal Diogo Dalot (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol keduanya ke gawang Republik Cekor dalam pertandingan UEFA Nations League pada Minggu (25/9/2022). Foto: Antara

Portugal menang telak 4-0 saat bertandang ke markas Republik Ceko dalam lanjutan Liga A Grup B UEFA Nations League di Sinobo Stadium pada Minggu dini hari.

Seperti dilansir Antara, Minggu (25/9/2022), Diogo Dalot berhasil membuat dua gol dalam pertandingan ini, sementara dua gol lainnya dicetak Bruno Fernandes dan Diogo Jota. Hasil itu membawa Portugal memuncaki klasemen Grup B dengan 10 poin.

Gol pertama Diogo Dalot tercipta pada menit ke-33. Bek Portugal itu mendapat umpan tarik dari Rafael Leao, sebelum menyodorkan bola masuk ke gawang Ceko. Tim tamu sukses memimpin 1-0.

Portugal berhasil menggandakan skor jelang injury time babak pertama. Bruno Fernandes mencetak gol tap-in memanfaatkan umpan Mario Rui. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan Portugal.

Tujuh menit setelah babak kedua berjalan, Portugal menambah kedudukan mereka, Dalot menorehkan brace usai bola tembakannya dari luar kotak penalti meluncur ke dalam gawang Ceko. Skor 3-0 untuk tim tamu.

Kemudian gol keempat kembali di cetak pada menit ke-82. Pemain pengganti, Diogo Jota menanduk masuk bola hasil sundulan kepala Ronaldo dari situasi sepak pojok.

Di tempat lain, Timnas Spanyol takluk 1-2 saat menjamu Swiss dalam lanjutan Liga 1 Grup A UEFA Nations League di La Romareda. Ini kekalahan pertama Spanyol di grup dan membuat mereka turun ke posisi kedua klasemen dengan 8 poin.

Pada menit ke-21, Swiss membuka keunggulan lewat tandukan Manuel Akanji setelah meneruskan sepak pojok Ruben Vargas dan mampu mengalahkan Cesar Azplicueta dalam duel udara sebelum bola menjebol gawang Unai Simon. Hingga babak pertama selesai, Spanyol tetap tertinggal 0-1.

Bek Swiss Manuel Akanji melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League pada Minggu (25/9/2022). Foto: Antara

Pada babak kedua, Spanyol langsung menggebrak untuk mencari gol penyama kedudukan pada menit ke-55 lewat aksi solo run Marco Asensio yang masuk hingga mendekati kotak penalti lalu mengirim umpan pendek ke Jordi Alba yang kemudian melepas tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Yann Sommer. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Namun, Swiss kembali unggul lewat tendangan pojok Korner Vargas mengarah ke kotak penalti dan disundul Akanji ke arah Embolo.

Embolo menyontek bola dan sempat menyentuh Eric Garcia sebelum masuk. Swiss berbalik unggul 2-1.

Spanyol memasukkan Yeremi Pino, Nico Wlliams, dan Borja Iglesias untuk menajamkan lini serang. Namun, upaya Spanyol tidak membuahkan hasil dan skor tetap 2-1 untuk kemenangan Swiss.(ant/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
26o
Kurs