Selasa, 30 April 2024

Bima Sakti Optimistis Timnas U-17 Mampu Lolos ke 16 Besar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bima Sakti Tukiman diumumkan sebagai pelatih Timnas U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Foto: PSSI

Bima Sakti pelatih timnas Indonesia U-17 optimistis tim asuhannya mampu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, setelah mengetahui kalau Indonesia berada di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Babak 16 besar sendiri nantinya diisi oleh peringkat satu dan dua dari enam grup (A-F), juga empat peringkat tiga terbaik.

Hal ini disampaikan Bima ketika mengikuti acara nonton bareng pengundian babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 Indonesia bersama para anak-anak asuhnya, berserta Frank Wormuth konsultan pelatih timnas U-17  dan jajaran petinggi PSSI lainnya di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

“Kita optimistis bisa lolos ke babak selanjutnya. Selanjutnya di Jerman (pemusatan latihan) kita akan cari lawan yang mirip dengan Panama, Ekuador dan, Maroko,” ucap Bima seperti dikutip Antara.

Babak pengundian grup dilakukan oleh Jaime Yarza Direktur Turnamen FIFA, didampingi Stephen Appiah mantan pemenang Piala Dunia FIFA U‑17 1995 dari Ghana, dan Julio Cesar finalis dari Brasil di Zurich, Swiss, Jumat.

“Pemain jangan pernah takut, harus yakin berikan yang terbaik buat negara,” tambah Bima.

Dia kemudian membicarakan soal rivalitas tiga calon lawannya di Grup A. Menurutnya, meskipun optimistis lolos ke babak selanjutnya, tidak ada tim di Grup A yang dianggapnya lemah.

“Tidak ada lawan yang lemah di grup ini. Tapi kita punya peluang. Para pemain menyadari ini persaingan level elite dengan lawan yang tidak mudah,” kata Bima.

“Di Jerman nanti timnas akan menempa diri. Akan ada seleksi lagi melibatkan pemain-pemain diaspora. Timnas U-17 sedang berproses,” tambahnya.

Hal senada diucapkan oleh Iqbal Gwijangge kapten timnas U-17. Dengan bekal dukungan penonton di rumah sendiri, ia yakin timnya mampu menampilkan permainan terbaik di pergelaran Piala Dunia U-17 akhir tahun nanti.

“Semua negara di Grup A berat. Tetapi, sebagai tuan rumah dengan didukung suporter kita yakin bisa berbuat yang terbaik. Pemain semua juga yakin akan bisa mencetak sejarah,” ucap Iqbal.

Sementara itu, Zainuddin Amali Wakil Ketua Umum PSSI I yang hadir dalam nonton bareng undian memastikan, timnas U-17 mendapatkan fasilitas terbaik selama menjalani persiapan kejuaraan dunia, yang akan dimainkan pada 10 November sampai 2 Desember 2023 tersebut.

“Apa yang mereka butuhkan kami upayakan tersedia. Mereka harus mendapat fasilitas terbaik saat menjalani persiapan. Tak hanya membentuk tim yang solid, tapi kami juga membentuk mental yang tangguh,” kata Amali.

“Saya melihat pemain amat percaya diri. Bukan bermaksud sombong, tapi kepercayaan diri penting menghadapi negara-negara level dunia. Mereka jangan kalah sebelum bertanding,” tutupnya. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs