Rabu, 22 Mei 2024

Daftar Negara yang Lolos Fase Grup Piala Dunia U-17

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pesepak bola Timnas Jerman Max Moerstedt berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Selandia Baru pada pertandingan fase Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023). Foto: Antara Pesepak bola Timnas Jerman Max Moerstedt berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Selandia Baru pada pertandingan fase Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023). Foto: Antara

Fase grup Piala Dunia U-17 yang berlangsung di empat kota yaitu Surabaya, Solo, Jakarta dan Bandung sejak 10 November lalu, resmi berakhir, Sabtu (18/11/2023) malam kemarin.

Sebanyak 24 negara yang bertanding dalam enam grup, terbagi mulai dari grup A hingga grup F berebut 12 tiket otomatis babak 16 besar dengan menghuni peringkat pertama dan kedua. Lalu empat tiket tersisa diperuntukkan peringkat tiga terbaik.

Melansir Antara, tuan rumah Indonesia harus terhenti di babak fase grup usai hanya menghuni peringkat ketiga grup A dengan koleksi dua poin.

Tim asuhan Bima Sakti dipastikan gagal memperoleh tiket lolos ke babak 16 besar lewat kesempatan peringkat tiga terbaik, usai Meksiko memastikan kemenangan atas Selandia Baru di pertandingan terakhir grup F di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu.

Kejutan lainnya terjadi ketika Korea Selatan selaku runner-up Piala Asia, harus gugur di babak fase grup. Pasukan Taegouk menelan tiga kali kekalahan di tiga pertandingan grup E.

Tim-tim unggulan seperti juara bertahan Brazil lalu jawara Eropa Jerman dan tim kuat Prancis, Spanyol, Argentina dan Inggris masih belum menghadapi rintangan yang berarti di babak fase grup. Bahkan Jerman dan Prancis tercatat sebagai tim dengan kemenangan sempurna dengan koleksi sembilan poin.

Sementara itu, meski berada di satu grup yang sama Brazil dan Inggris tercatat sebagai tim terproduktif sepanjang fase grup dengan torehan total 13 gol. Di urusan pertahanan, Prancis mencatatkan penampilan impresif dengan menjadi satu-satunya tim yang belum mengalami kebobolan sepanjang fase grup.

Berikut daftar negara-negara yang lolos ke babak 16 besar:

  • Grup A: Maroko dan Ekuador
  • Grup B: Spanyol, Mali dan Uzbekistan
  • Grup C: Inggris, Brazil dan Iran
  • Grup D: Argentina, Senegal dan Jepang
  • Grup E: Prancis dan Amerika Serikat
  • Grup F: Jerman, Mexico dan Venezuela. (ant/bil/iss)
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs