Kamis, 2 Mei 2024

FIFA Siap Bantu Kembangkan Sepak Bola Wanita Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Timnas U-20 Wanita Indonesia saat menghadapi Singapura, Sabtu (11/3/2023). Foto: PSSI

Simon Toselli, pakar sepak bola wanita FIFA memuji perkembangan sepak bola wanita di Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi PSSI, Senin (13/3/2023).

Di samping itu, Simon mengatakan bahwa FIFA akan membantu semua kebutuhan PSSI dalam pengembangan sepak bola wanita di Indonesia.

“Saya pikir fantastis, Indonesia dari dahulu sudah memikirkan mengenai ini (sepak bola wanita). Dengan adanya program-program yang sudah berjalan dengan baik, seperti liga, turnamen, festival, pelatih, wasit dan pengembangan atlet sepak bola mulai dari akar rumput, saya rasa mudah saja bagi FIFA untuk membantu Indonesia mengembangkannya. Karena di situ ada potensi yang besar,” tuturnya.

Mengutip laman resmi PSSI, dari kunjungan ini, Simon juga menjelaskan delapan program penting yang FIFA bawa untuk membantu negara anggotanya dalam mengembangkan sepak bola wanita.

Delapan program itu yakni membantu meningkatkan sepak bola wanita, pengembangan kompetisi, kampanye sepak bola wanita, club licensing sepak bola wanita, peningkatan kapasitas administrasi, kursus pelatih, coach mentorship, dan leadership.

“Dari delapan program itu kami menawarkan semua bantuan yang dibutuhkan oleh federasi negara anggota FIFA untuk membangun mengembangkan sepak bola wanita di negaranya, termasuk Indonesia. Bantuan itu tidak hanya dalam bentuk materiil (dana dan perlengkapan sepak bola) tapi juga non materiil, seperti tenaga pendidik (seperti pelatih sepak bola wanita yang berpengalaman dan semua ahli-ahli dalam bidangnya) dan lain sebagainya. Apapun itu, ajukan saja ke kami, jika sesuai, tentu kami akan bantu sepenuhnya,” jelas Simon.

Selanjutnya, Simon akan melihat langsung latihan tim sepak bola wanita Pra PON DKI Jakarta, di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (15/3/2023).

“Ya, saya sudah tidak sabar untuk melihat secara langsung bagaimana sepak bola wanita berjalan di Indonesia, salah satunya dua hari ke depan akan mengunjungi tempat latihan dari salah satu tim sepak bola wanita. Ini akan menjadi momen yang bagus bagi saya dan juga laporan saya ke FIFA nantinya,” tutupnya.(ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs