Senin, 6 Mei 2024

Indonesia Bekuk Turkmenistan Dua Gol Tanpa Balas dalam FIFA Matchday

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Selebrasi Dendy Sulistyawan dengan menggendong Asnawi Mangkualam Bahar usai menjebol gawang Turkmenistan pada menit ke-19. Foto: Istimewa Selebrasi Dendy Sulistyawan dengan menggendong Asnawi Mangkualam Bahar usai menjebol gawang Turkmenistan pada menit ke-19. Foto: Istimewa

Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan 1-0 atas Turkmenistan dalam FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam.

Anak asuh Shin Tae Yong itu, menggencarkan serangan sejak dimulainya pertandingan babak pertama. Berbagai peluang dari aksi kombinasi hingga tendangan bebas didapat skuad Garuda.

Tetapi, upaya Timnas Indonesia itu baru berhasil ketika berada di menit ke-13. Yakni setelah tendangan luar kotak penalti Dendy Sulistiyawan gagal diantisipasi oleh Babayev Batyr kiper Turkmenistan.

Para pemain Indonesia merayakan gol yang dilesakkan ke gawang Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Jumat (8/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net
Para pemain Indonesia merayakan gol yang dilesakkan ke gawang Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Jumat (8/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Aksi Dendy tersebut sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0 hingga babak pertama usai, setelah upaya Turkmenistan untuk menyamakan kedudukan dapat dimentahkan oleh benteng pertahanan Indonesia.

Berada di babak kedua, Indonesia tidak menurunkan tempo permainan. Baru berjalan sekitar tiga menit, Dendy Sulistiyawan kembali melepaskan tendangan yang ke sudut atas gawang Turkmenistan. Tetapi, bola masih tipis di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-60 Indonesia memainkan skema serangan satu dua dari tengah lapangan hingga di dekat mulut gawang. Saddil Ramdani yang menerima umpan ketika berdiri tepat di depan gawang melepaskan tendangan datar, tapi penyelesaian itu masih bisa dibaca dengan baik oleh kiper Turkmenistan.

Selang lima menit, Indonesia mendapat tekanan dari barisan depan Turkmenistan yang berhasil melesakkan tendang ke arah gawang setelah mendapat ruang bebas. Beruntung, Nadeo Argawinata mampu mementahan upaya Turkmenistan.

Beranjak ke menit 77, Indonesia kembali mendapat gempuran serangan. Gawang Indonesia yang dijaga Nadeo berulang kali menjadi sasaran tembak, tetapi usaha penyerang Turkmenistan tersebut masih belum bisa menjebol gawang Indonesia.

Memasuki menit akhir, serangan yang dibangun Indonesia kembali membuahkan hasil, yakni pada menit ke-90+1 lewat aksi Egy Maulana Vikri. Setelah mendapat umpan pendek Stefano Lilipaly, Egy melepaskan tembakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang Turkmenistan yang gagal diantisipasi kiper.

Gol tambahan di menit akhir babak kedua itu, menggenapkan skor kemenangan untuk Indonesia menjadi 2-0.

Tal berselang lama, Muhammad Usaid bin Jamal wasit asal Malaysia yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua, dan skor 2-0 bertahan hingga akhir, kemenangan untuk Indonesia.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs