Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Sukses Melaju ke Final Piala AFF U-23 Usai Cukur Thailand 3-1

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemain tim nasional U-23 merayakan gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer (kedua dari kanan) pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 melawan Thailand di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023). Foto: Antara/ PSSI

Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah menundukkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1, dalam pertandingan semifinal di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8/2023).

Di final nanti, Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam yang menang 4-1 atas Malaysia pada pertandingan semifinal yang dimainkan sebelumnya. Laga final akan berlangsung pada Sabtu (26/8/2023) mendatang.

Melansir Antara, seluruh gol yang tercipta di laga ini terjadi pada babak pertama. Gol-gol Indonesia dibukukan oleh Jeam Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri, dan gol bunuh diri Natcha Promsomboon. Sedangkan satu-satunya gol Thailand tercipta dari Chukid Wanpraphao.

Fase awal pertandingan diwarnai dengan permainan penuh kewaspadaan dari kedua tim. Baik Indonesia maupun Thailand sama-sama sangat hati-hati untuk mencegah gawang masing-masing kemasukan terlebih dahulu.

Indonesia akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit kesepuluh. Jeam Kelly Sroyer menerima umpan matang dari Arkhan Fikri, Jeam kemudian membuka ruang dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bersarang ke gawang Thailand.

Thailand berusaha segera membalas gol tersebut. Peluang bagus mereka dapatkan pada menit ke-16, namun sundulan pemain Thailand melambung ke atas mistar gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Garuda Muda justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Robi Darwis melepaskan lemparan ke dalam dari jarak jauh, dan bola disambut Muhammad Ferarri yang tidak terkawal dan diselesaikan dengan sundulan kepala.

Beckham Putra mencoba peruntungannya untuk mengemas gol ketiga Indonesia. Tetapi kali ini sepakannya melebar jauh dari gawang Thailand.

Gawang Indonesia mendapat ancaman serius pada menit ke-26. Ferarri berusaha membuang bola umpan silang, namun sepakannya justru membuat bola mengarah ke gawang sendiri. Beruntung Ernando Ari kiper Indonesia dapat menepisnya.

Semenit berselang, dari tendangan sudut yang dihasilkan, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan. Bola tendangan sudut dengan mudah disambar sundulan Chukid Wanpraphao untuk melesak ke gawang Ernando.

Kittichai Yaidee menebar ancaman melalui tembakan jarak jauh yang masih dapat ditangkap Ernando. Peluang berikutnya menjadi milik Indonesia melalui tembakan Ramadhan Sananta, yang masih melambung di atas kotak penalti.

Sananta kembali mendapat peluang saat ia bergerak menyisir di sisi kiri, untuk melepaskan tembakan mendatar yang masih dapat ditepis Siriwat Ingkaew kiper Thailand.

Tepat pada menit ke-46, gawang Thailand akhirnya sukses dijebol untuk ketiga kalinya. Mohamad Haykal mengirim umpan silang, bola yang coba dihalau Natcha Promsomboon justru bersarang di gawang sendiri. Babak pertama ditutup dengan skor 3-1 bagi keunggulan Indonesia.

Setelah turun minum, Indonesia tetap mampu mempertahankan intensitas permainan dan menekan kubu Thailand. Sananta menebar ancaman pertama bagi tuan rumah saat tembakan kaki kirinya dapat ditepis Siriwat Ingkaew.

Beberapa menit berselang, penyerang haus gol, Sananta, kembali mendapat peluang untuk turut menyumbang gol di laga ini. Kali ini ia kurang beruntung setelah sundulannya membentur tiang kanan gawang Thailand.

Thailand yang masih menyimpan asa untuk melaju ke final dan merestorasi nama baiknya, berusaha mengemas gol-gol balasan. Pemain pengganti Yotsakon Burapha melepaskan tembakan yang masih dapat ditangkap Ernando.

Kiper Indonesia ini masih mendapat ujian serius pada dua peluang Thailand berikutnya. Pertama saat ia menepis sundulan Natcha Promsomboon pada menit ke-64, kemudian ketika kiper Persebaya itu menahan tembakan keras Vhukid Wanpraphao tiga menit berselang.

Sampai waktu normal habis, dan tambahan waktu enam menit diberikan wasit Hiroki Kasahara, tidak ada lagi gol tercipta. Namun kemenangan ini sudah sangat cukup untuk menumbuhkan asa tim muda ini membawa pulang trofi bergengsi dari Thailand. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs