Senin, 29 April 2024

Jenazah Christian Atsu Diterbangkan Pulang ke Ghana

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Christian Atsu saat masih bermain untuk Newcastle United. Foto: Reuters

Jenazah Christian Atsu pesepak bola Ghana yang meninggal akibat gempa bumi di Turki diterbangkan ke kampung halamannya pada Minggu (19/2/2023).

Atsu (31) menjadi salah satu korban gempa berkekuatan magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah pada 6 Februari.

Sejumlah laporan awal menyebutkan mantan pemain Chelsea dan Newcastle itu diselamatkan satu hari setelah gempa, tapi ternyata kabar itu tidak benar dan tubuh Atsu yang sudah tidak bernyawa ditemukan pada Sabtu (18/2/2023) di bawah reruntuhan.

“Jenazah akan ditemani oleh keluarganya dan duta besar Ghana untuk Turki dalam penerbangan maskapai Turki dan akan tiba di Accra (ibukota Ghana) pada 7.40 petang, Minggu,” demikian pernyataan kementerian luar negeri Turki seperti dikutip Antara dari AFP.

Pada Sabtu, kementerian tersebut menyatakan kakak Atsu dan saudari kembarnya berada di lokasi penyelamatan ketika tubuhnya dievakuasi.

Sementara Marie-Claire Rupio istri Atsu dan tiga anaknya berada di stadion St James Park pada Sabtu untuk upacara penghormatan kepada Atsu sebelum laga Liga Inggris antara Newcastle melawan Liverpool.

Atsu mencetak gol terakhir dari 33 dalam kariernya untuk Hatayspor di liga Super Turki pada 5 Februari, beberapa jam sebelum gempa terjadi.

“Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan kesedihan kami,” cuit klub Turki itu berbela sungkawa atas kematian Atsu.

“Kami tidak akan melupakan kamu, Atsu. Semoga kedamaian menyertaimu, manusia yang baik.”

Nana Akufudo-Addo Presiden Ghana mengatakan “sepak bola telah kehilangan salah satu duta besar terbaiknya, salah satu yang akan sulit digantikan.”(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs