Minggu, 28 April 2024

Jokowi Sebut FIFA Bantu Biaya Pembangunan Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau lokasi pusat pemerintahan di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengatakan Pemerintah segera membangun pusat latihan (training center) untuk meningkatkan kualitas dan prestasi Tim Nasional Indonesia, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, akan ada sebanyak delapan lapangan sepak bola yang terletak di area pusat pemerintahan mendatang.

Kepala Negara menargetkan pembangunan pusat latihan sepak bola di IKN selesai dalam waktu setahun.

“Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan, dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” ujarnya, Jumat (24/2/2023), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Presiden bilang biaya pembangunan lapangan sepak bola untuk training center tersebut akan ditanggung Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, keterlibatan FIFA merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional pada Indonesia yang tengah membangun IKN.

“Pembangunan akan dibiayai oleh FIFA. Itu menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Erick Thohir Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI mengapresiasi gagasan Jokowi untuk mendukung persepakbolaan Tanah Air.

Dia menjelaskan, pusat latihan itu akan dibangun di sub wilayah perencanaan 1B IKN yang disiapkan khusus untuk area pendidikan dan pemerintahan.

“Sebuah kehormatan yang luar biasa Bapak Presiden sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota. Kami pastikan akan segera selesai,” kata Erick.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs