Kamis, 25 April 2024

Legenda Basket Indonesia Masuk FIBA Hall of Fame

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sonny Hendrawan menjadi orang Indonesia pertama yang masuk dalam daftar FIBA Hall of Fame. Foto: LOC FIBA World Cup 2023

Ada nama Sonny Hendrawan dalam daftar Hall of Fame edisi 2023 yang baru saja diumumkan Federasi Basket Internasional (FIBA). Legenda basket Indonesia itu bersanding dengan sembilan pebasket legendaris dari pelbagai dunia.

Ini merupakan sejarah bagi basket Indonesia. Pasalnya, pemilik asli Liem Tjien Siong ini menjadi orang Indonesia pertama yang masuk dalam FIBA Hall of Fame. Dalam edisi 2023 ini, Sonny  bersanding dengan bintang NBA Yao Ming (China).

“Rasanya campur aduk, senang. Sebelumnya dari FIBA dan Perbasi menghubungi dan memberitahukan hal ini,” kata Sonny dalam rilis resmi LOC FIBA World Cup 2023 pada Sabtu (3/6/2023).

Sonny mengaku bangga. Apalagi FIBA Hall of Fame merupakan tempat yang didedikasikan untuk orang-orang luar biasa di seluruh dunia, yang memiliki kontribusi besar pada bola basket.

Perlu diketahui, Sonny sudah menjadi andalan tim nasional Indonesia sejak 1963. Pria asal Semarang tersebut telah tampil di berbagai ajang bergengsi. Seperti GANEFO, FIBA Asia Cup, hingga pra-Olimpiade.

Tak hanya itu saja, Sonny pernah terpilih sebagai pemain terbaik dalam Kejuaraan Bola Basket Asia IV 1967 di Seoul, Korea Selatan. Kala itu Indonesia meraih peringkat keempat. Ini merupakan pencapaian terbaik skuad Merah Putih di ajang yang bernama FIBA Asia Cup itu,

Sonny juga tampil di pra-Olimpiade 1968 di Monterrey, Meksiko. Sayang Indonesia kalah dari Polandia, Spanyol, dan Uruguay. Tetapi Indonesia membuat kejutan dengan mengalahkan Australia 58-51.

“Karena kami kalah postur, jadi harus main cepat. Kebetulan walaupun saya tidak terlalu tinggi, lompatan saya tinggi. Saya masih menyimpan foto-foto ketika berebut bola dengan pemain-pemain bertinggi dua meter, tapi saya bisa menang,” ujarnya penuh bangga.

Sementara itu, sejak mulai diadakan pada tahun 2007, FIBA Hall of Fame telah menobatkan 122 pemain dan pelatih dari 37 negara di lima benua sebagai anggotanya.

Untuk tahun ini, para penerima penghargaan akan diabadikan dalam sebuah upacara bergengsi di Manila, Filipina. Acara ini akan berlangsung pada 23 Agustus malam, setelah penutupan Kongres FIBA. (saf/iss)

FIBA Hall of Fame Class of 2023

Pemain
Amaya Valdemoro (Spanyol)
Yuko Oga (Jepang)
Penny Taylor (Australia)
Katrina McClain (Amerika Serikat)
Wlamir Marques (Brasil)
Yao Ming (China)
Sony Hendrawan (Indonesia)
Angelo Monteiro dos Santos Victoriano (Angola)
Carlos Loyzaga (Filipina – anumerta)
Zurab Sakandelidze (Georgia – anumerta)

Pelatih
Valerie Garnier (Prancis)
Alessandro Gamba (Italia)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs