Senin, 29 April 2024

Luciano Spalletti Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih Baru Timnas Italia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Luciano Spalleti mantan pelatih Napoli. Foto: Reuters

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) secara resmi mengumumkan Luciano Spalletti mantan pelatih Napoli, menggantikan Roberto Mancini untuk melatih tim nasional Italia.

“Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang dia menerimanya,” kata Gabriele Gravina Presiden FIGC di laman resmi federasi, Sabtu (19/8/2023).

Gli Azzuri julukan Timnas Italiau akan mulai dipimpin oleh Spalleti mulai 1 September 2023 mendatang.

“Antusiasme dan keahliannya (Spalletti) akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan mendatang,” ungkap Gabriele Gravina.

Melansir Antara, Spalletti sebelumnya memutuskan mengundurkan diri dari Napoli seusai membawa tim kota Naples tersebut menjuarai gelar Serie A musim 2022/2023 yang telah dinantikan klub selama 33 tahun.

Pelatih berusia 64 tahun itu memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia sepak bola selama satu tahun. Namun seusai dikaitkan dengan timnas Italia, Spalletti memutuskan untuk kembali mengambil peran sebagai pelatih.

Di sisi lain, Mancini resmi mengundurkan diri dari Timnas pada 13 Agustus lalu karena alasan pribadi. Mantan pelatih Manchester City itu telah menjadi nahkoda Italia selama lima tahun.

Di bawah Mancini, Italia mampu menjadi juara pada gelaran Euro 2020. Namun Mancini gagal membawa Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Kini Spalletti mempunyai tantangan untuk membawa Italia mampu mempertahankan gelar juara Eropa yang akan berlangsung di Jerman setahun mendatang.

Saat ini Italia tengah menjalani kualifikasi Euro dan tergabung di grup C. Italia berada di peringkat ketiga dengan torehan tiga poin hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Roberto Mancini Mundur dari Tim Nasional Italia


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs