Sabtu, 4 Mei 2024

Mario Aji Kemas Poin Pertama Musim Ini di Moto3 Amerika

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mario Suryo Aji PeMbalap tim Honda Team Asia menjalani balapan Moto3 Grand Prix Amerika di Circuit of the Americas, Austin, Texas, Minggu (16/4/2023). Foto: Antara

Mario Suryo Aji Pebalap Indonesia mendapati hasil balapan terbaiknya selama berkiprah di kelas Moto3 dengan finis di P12 (posisi) di Austin, Texas, Minggu (16/4/2023), sekaligus mengemas poin pertamanya pada musim ini.

Mario tiba di sirkuit Amerika Serikat itu dengan ekspektasi tinggi untuk mengonfirmasi progres dua balapan sebelumnya yang ia jalani pada awal musim.

Mario mengawali balapan dari Po25 menyusul hasil kualifikasi yang buruk, dan berhasil lolos dari insiden di Tikungan 2 di mana sejumlah pebalap terjatuh pada lap pembuka.

Pebalap yang menjalani tahun keduanya secara penuh berseragam Honda Team Asia itu, menyelesaikan balapan sepanjang 14 putaran dengan memperbaiki tujuh posisi demi membawa pulang empat poin setelah finis.

“Salah satu balapan terbaik dalam karier saya,” kata Mario melansir dari Antara.

Ia mengatakan, bahwa hasil balap tersebut memberi motivasi yang sangat besar. Meski mengaku senang, tetapi pebalap umur 19 tahun itu akan terus berupaya memburu poin pada tahun ini.

Masih tersisa 18 balapan pada musim ini yang akan menawarkan kesempatan bagi Mario untuk meneruskan progresnya.

Sementara itu, rekan satu timnya Taiyo Furusato membuat kesalahan kecil di lap pembuka dan terpisah dari rombongan utama hingga finis P20 di luar zona poin.

“Taiyo mengerahkan yang terbaik, tapi lap timenya tidak konsisten,” ungkap manajer tim Hiroshi Aoyama.

“Bagi kami, penting untuk dia menyelesaikan balapan, mendapat pengalaman lebih. Dia tahu langkah selanjutnya,” imbuhnya.

Sedangkan Ivan Ortola pebalap tim Angeluss MTA ,merebut kemenangan perdana di Moto3 dengan mengalahkan Jaume Masia dari tim Leopard Racing dengan margin tipis 0,457 detik. Xavier Artigas (CFMOTO Racing) melengkapi podium di tempat ketiga.

Daniel Holgado (Red Bull KTM Tech3) dan Diogo Moreira (MT Helmets) sama-sama mengumpulkan 49 poin di puncak klasemen setelah tiga balapan.

Selepas dari Amerika Serikat, sirkus MotoGP akan menjalani tur Eropa dimulai dengan Grand Prix Spanyol di Jerez pada 30 April mendatang.(ant/abd/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs