Senin, 29 April 2024

Medali Emas Timnas Basket Putri di SEA Games Kamboja Kagetkan Jokowi

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Timnas Bolabasket Putri di SEA Games 2023 Kamboja. Foto: Istimewa

Prestasi Timnas Bola Basket Putri di SEA Games 2023 Kamboja membuat Joko Widodo Presiden kaget. Dia terkejut karena dari sekian peraih medali ada Timnas Putri yang menggondol medali emas di multi event antarnegara ASEAN.

Medali emas itu adalah sejarah buat Indonesia. Sebab, medali emas di SEA Games 2023 Kamboja itu adalah kali pertama yang dikoleksi Timnas Putri sepanjang SEA Games sejak dilaksanakan pada 1959.

“Yang mengagetkan saya, ini yang memberikan kejutan yang menggembirakan adalah, semua baik yang dapat emas, perak, dan perunggu. Tapi yang paling mengejutkan memang Tim Basket Putri. Karena kita gak pernah dapat emas. Sudah 64 tahun,” terang Joko Widodo Presiden di depan atlet peraih medali dan ofisial tim dalam upacara pemberian bonus SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka Senin sore (5/6/2023).

Sambutan dari Joko Widodo Presiden itu langsung disambut tepuk tangan peserta upacara. Kemudian mantan Wali Kota Solo itu juga menanyakan perwakilan atlet bola basket putri di acara tersebut.

Joko Widodo Presiden dalam upacara pemberian bonus SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka Senin sore (5/6/2023). Foto: Istimewa

Dalam acara itu Timnas Putri diwakili sang kapten Henny Sutjiono saat menerima bonus secara simbolis. Kemudian ada Pelatih Timnas Putri 3X3 July Wong dan Agustin Retong.

Timnas Putri selain meraih medali emas di kategori 5on5 juga persembahkan medali perunggu di kategori 3X3. Komposisi pemain 3X3 diisi Agustin Retong, Kimberley Pierre Louis, Dyah Lestari, dan Adelaide Wongsohardjo dengan dipimpin Coach July Wong.

“Tentu kami sangat senang capaian Timnas Bola Basket Putri bisa mengejutkan dan membuat bangga Pak Presiden. Prestasi ini untuk masyarakat Indonesia. Mohon doa dan dukungan sehingga kami bisa konsisten menjaga sekaligus memberikan lebih baik ke depannya,” terang Nirmala Dewi Sekjen PP Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PERBASI).

Capaian emas Timnas Putri ini membuat PP PERBASI sukses menjaga tradisi emas di SEA Games. Pada pelaksanaan sebelumnya di Hanoi, bola basket mampu menghasilkan medali emas dari Timnas Putra.

“Kita semua patut bahagia dengan hasil SEA Games dan saya cuma bisa mengucapkan terima kasih buat Pengkot/kab PERBASI. Pengprov Perbasi serta klub-klub yang sudah membina sehingga bola basket Indonesia boleh membanggakan bangsa ini. Terima kasih, kalian semua kuar biasa,” terang Ketum PP PERBASI Danny Kosasih.(bud/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs