Jumat, 3 Mei 2024

Melestarikan Jemparingan dengan Memasifkan Pelatihan dan Turnamen

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jemparingan atau panahan tradisional disebut sebagai salah satu olahraga yang menjaga budaya dan tradisi bangsa. Foto: Humas Pemkot Sleman

Jemparingan atau panahan tradisional menjadi salah satu olahraga warisan budaya yang terus dilestarikan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) maupun Persatuan Panahan Tradisional (PERPATRI).

Agar jemparingan tidak punah, maka KORMI secara berkala mengadakan turnamen. Selain itu, perlatihan-pelatihan juga digalakkan untuk melahirkan pelatih baru dengan tujuan memasifkan jemparingan.

KORMI Jatim mengapresiasi langkah PERPATRI yang terus berusaha untuk melestarikan olahraga panahan tradisional.

“Pelatihan ini juga untuk menguatkan agar lebih banyak masyarakat yang ikut melestarikan jemparingan,” ujar Hudiyono Hudiyono Ketua KORMI Jatim, Sabtu (9/12/2023).

Selain berolahraga, penggiat jemparingan juga selalu mengenakan pakaian adat sebagai warisan budaya bangsa. Artinya, sembari berolahraga mendapatkan manfaat sehat bugar juga turut menjaga tradisi dan budaya.

PERPATRI Jatim juga diharapkan makin menggalakkan jemparingan. Dengan cara menggelar lomba di tingkat desa atau kampung.

“Sembari memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat juga membudayakan dan menjaga tradisi luhur bangsa,” terangnya.

Sebab jemparingan merupakan sarana untuk melatih kekuatan otat kaki dan tangan. Serta melatih fokus dan konsentrasi. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs