Selasa, 30 April 2024

Menpora Sebut Persiapan PON 2024 Sudah 70 persen

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI)(tengah) menerima kehadiran Marciano Norman Ketua Umum KONI Pusat (kiri) beserta Penjabat lain yang terlibat gelaran PON XXI di Kemenpora, Jakarta, Rabu (7/6/2023). Foto: Kemenpora RI

Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) mengatakan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 sudah mencapai 70 persen.

Hal itu disampaikan Menpora usai menerima laporan dari Marciano Norman Ketua Umum KONI Pusat beserta Achmad Marzuki Penjabat Gubernur Aceh dan Arief Sudarto Trinugroho Sekda Sumatera Utara (Sumut) di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

“Tadi kita sudah dengar apa yang disampaikan. Persiapannya sudah 70 persen. Tinggal lagi nanti yang kurang-kurangnya harus kita carikan solusinya untuk mempercepat,” kata Dito dikutip laman resmi Kemenpora.

Menpora sudah mencatat hal apa saja yang masih dibutuhkan untuk menunjang kesiapan penyelenggaraan PON Aceh-Sumut. Misalnya soal infrastruktur atau pun proses penyelenggaraan nantinya.

Ia juga berharap PON 2024 bisa meraih tiga sukses, yaitu di bidang penyelenggaraan, administrasi, dan prestasi.

Menpora menilai komunikasi yang dibangun bersama KONI Pusat beserta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berjalan dengan baik. Segala kesiapan yang belum terpenuhi akan dicarikan solusi terbaik.

“Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 harus sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses administrasi,” kata Menpora.

“Alhamdulillah koordinasi KONI Pusat, Aceh dan Sumatera Utara ini sangat baik sekali. Jadi tantangan yang ada ini, saya akan carikan solusi terbaiknya. Saya sudah catat yang kurang-kurangnya dan saya akan laporkan kepada bapak Presiden (Joko Widodo),”  imbuhnya.

Sementara itu, Marciano Norman Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan seluruh stakeholder yang ada akan bekerja dan memaksimalkan segala persiapan. Prosesnya akan terus dikebut.

“Dengan waktu yang tersedia ini, kita akan optimalkan peningkatan terhadap pembangunan venue, kesiapan penyelenggara. Kita juga akan memberikan informasi kepada cabor untuk memaksimalkan atlet dan bikin rekor,” kata Marciano.

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Marzuki Penjabat Gubernur Aceh merasa optimistis penyelenggaraan PON ke-21 itu akan sukses. “Kita sudah lapor terkait kesiapan wilayah. Kita juga intens berkomunikasi agar nanti bisa sukses,” ujar Achmad.

Sementara Arief Sudarto Trinugroho Sekda Sumut menambahkan, pihaknya berharap hal-hal yang masih dalam pengerjaan bisa segera diselesaikan.

“Ya sejauh ini masih on the track. Hanya saja tadi kami memohon percepatan penyelesaian. Perlu dukungan dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs