Selasa, 7 Mei 2024

MotoGP Mandalika Kembali Gandeng Angkasa Pura Logistik untuk Kelola Kargo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas Angkasa Pura Logistik (APLog) menangani kargo ajang balap MotoGP 2023. Foto: Antara/HO-Angkasa Pura Logistik Petugas Angkasa Pura Logistik (APLog) menangani kargo ajang balap MotoGP 2023. Foto: Antara/HO-Angkasa Pura Logistik

PT Angkasa Pura Logistik (APLog) kembali dipercaya mengelola kargo ajang balap dunia MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober mendatang, di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melansir Antara, kepercayaan itu diberikan usai APLog berhasil melaksanakan sejumlah tugas logistik internasional, diberbagai kegiatan sebelumnya. Proses pengelolaan logistik pebalap MotoGP oleh APLog telah dilakukan sejak 28 September lalu, hingga 9 Oktober 2023 mendatang.

Troficiendy Suroso, Direktur Operasi APLog melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (7/10/2023) menyampaikan, bahwa ini adalah yang kesekian kalinya APLog dipercaya oleh MGPA dan DORNA Sports, promotor MotoGP dan World Superbike Championship (WSBK), untuk menangani logistik dalam ajang MotoGP Mandalika.

Sementara itu, estimasi jumlah kargo MotoGP 2023 saat ini mencapai sekitar 525 ton yang akan diangkut melalui pengiriman laut dan udara.

“Ada empat tahapan yang di-handling oleh APLog, yaitu mulai dari tahap loading, distribusi, unloading, dan breakdown,” ujar Suroso.

APLog mencatat sebanyak 20 kontainer dari Eropa dan Asia telah tiba dan diperiksa oleh Bea Cukai di Tanjung Priok, Jakarta, dan Tanjung Perak, Surabaya.

Kemudian, kargo tersebut akan melanjutkan perjalanan melalui laut menuju Pelabuhan Lembar, NTB, dan akhirnya melalui darat menuju Sirkuit Mandalika.

Selain menggunakan sea freight, kargo MotoGP juga dikirimkan melalui logistik udara dengan menggunakan Nippon Cargo Airlines.

Pesawat pertama dengan flight number KZ6231 membawa motor, spare part, dan alat pendukung MotoGP dengan muatan sekitar 111 ton. Disusul oleh pesawat kedua dengan flight number KZ2233 dengan muatan sekitar 93 ton.

Perlu diketahui sebelumnya, APLog telah sukses mengelola kargo udara untuk ajang MotoGP 2022, WSBK 2022, dan WSBK 2023. Saat ini, pemerintah kembali menggelar MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika.

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menekankan, ajang MotoGP di Indonesia akan menjadi sangat menarik dengan persaingan ketat antara pebalap.

“Jadi MotoGP ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah dan akan menjadi sangat menarik karena di penghujung musim balapan kali ini perbedaan angka antara dua pembalap tertinggi itu sangat dekat,” ujarnya dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/10/2023) lalu. (ant/feb/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs