Jumat, 3 Mei 2024

Pencapaian Indonesia di Asian Games 2022: Tujuh Emas dan Peringkat 13

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Atlet angkat besi Indonesia Rahmat Erwin Abdullah (22), peraih medali perunggu di kelas 73 kg putra di Olimpiade Tokyo, meraih emas di nomor yang sama di Asian Games Hangzhou pada Selasa (3/10/2023), sekaligus memecahkan rekor dunia di angkatan clean and jerk. Foto: Xinhua Atlet angkat besi Indonesia Rahmat Erwin Abdullah (22), peraih medali perunggu di kelas 73 kg putra di Olimpiade Tokyo, meraih emas di nomor yang sama di Asian Games Hangzhou pada Selasa (3/10/2023), sekaligus memecahkan rekor dunia di angkatan clean and jerk. Foto: Xinhua

Asian Games 2022 di Hangzhou, China, sudah di penghujung akhir penyelenggaraannya sebelum pesta olahraga antarbangsa-bangsa Asia edisi ke-19 itu resmi ditutup pada Minggu (8/10/2023).

Pertandingan-pertandingan final di berbagai cabang olahraga sudah diselesaikan pada Sabtu, untuk memperebutkan medali-medali yang masih tersedia.

Antara melaporkan, tuan rumah China yang sudah begitu dominan sejak hari-hari awal, mengukuhkan diri sebagai juara umum.

Dalam klasemen medali yang dirilis Sabtu malam, China mengantongi 200 emas, 111 perak, 71 perunggu, atau total 382 medali.

Raksasa olahraga Asia lainnya, Jepang, di urutan kedua dengan 51 emas, 66 perak dan 69 perunggu.

Korea Selatan yang sempat mengungguli Jepang dalam jumlah medali, akhirnya harus puas di urutan ketiga dengan 42 emas, 59 perak dan 89 perunggu.

Namun Korea Selatan cukup terhibur karena mereka berhasil meraih emas cabang paling bergenggi, sepak bola putra, dengan mengalahkan Jepang 2-1 pada pertandingan final Sabtu malam.

Indonesia yang pada Asian Games sebelumnya di Jakarta dan Palembang 2018 berada di peringkat empat, tahun ini harus puas berada di peringkat 13 dengan tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu, atau total 36 medali.

Pada pertandingan hari terakhir Sabtu, Indonesia tidak dapat menambah medali setelah para atletnya yang masih bertanding gagal meraih podium.

Di antaranya pada cabang angkat besi, lifter putri Nurul Akmal yang tampil di kelas 87kg akhirnya berada di peringkat keempat.

Kemudian di cabang beladiri karate yang pada pertandingan hari terakhir mempertandingan nomor kumite, atlet Indonesia Sandi Firmansyah terhenti pada putaran repechage kelas 84 kilogram putra. Sandi ditaklukkan atlet Vietnam, Thanh Nhan Do dengan kekalahan 2-10.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs