Selasa, 7 Mei 2024

Penyulaman Rumput Stadion GBT Dilanjutkan, Surabaya Siap Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pekerja melakukan perawatan rumput lapangan Stadion Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/3/2023). Federasi sepak bola dunia (FIFA) resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar pada akhir Mei mendatang. Foto: Antara

Meski batal menjadi salah satu venue gelaran Piala Dunia U-20 2023, perbaikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tetap dilanjutkan.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut satu tahapan perbaikan yang belum tuntas, yaitu penyulaman rumput sintetis.

“Menyulam itu lebih pada mengikat akar seperti itu. Tapi secara detil saya gak tahu. Mulai kemarin Kamis (6 April 2023) itu sudah mulai persiapan peralatannya dan langsung dilakukan (penyulaman) dan mereka bekerja 24 jam tiap hari dengan tiga shift. 8 jam ganti orang,” kata Wiwiek, Senin (10/4/2023).

Penyulaman rumput di lapangan utama Stadion GBT itu ditargetkan selesai 12 April 2023 mendatang sesuai perjanjian kontrak dengan Kementerian PUPR.

“Jadi penyulaman rumput GBT ini insya Allah sampai 12 April kalau tidak salah kontraknya selesai dengan Menteri PUPR. Jadi kalau kontraknya udah selesai dengan PUPR, maka ada masa pemeliharaan. Masa pemeliharaan itulah kita yang menggunakan dan kita mengajukan izin pada Menteri PUPR. Tapi sebelum masa kontrak berakhir dengan Menteri PUPR, maka seluruh stadion yang ada di Indonesia termasuk GBT tidak boleh digunakan dulu karena masih penyulaman rumput,” terang Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.

Penuntasan perbaikan itu lanjut Eri sebagai bentuk kesiapan Stadion GBT sebagai venue gelaran event olahraga internasional lainnya.

Ia juga mengaku siap jika Indonesia kembali ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 November-2 Desember 2023.

“Kita mendukung untuk Piala Dunia U-17. Karena sebenarnya Piala Dunia ini selain memberi semangat kepada talenta-talenta muda yang ada di Indonesia, acara ini juga pasti akan menggerakkan ekonomi sekitar. Paling utama adalah mengenalkan indonesia, bahwa negara kita udah siap untuk tempat piala dunia. Berarti sebenarnya dari U-17, U-20 itu kan menunjukkan bahwa kita mampu dan kita siap. Semoga ini menjadi pembuka di tahun-tahun berikutnya Indonesia akan menjadi tempat final piala dunia,” tandasnya.

Diketahui, usai batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, PSSI menyatakan siap jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan Peru yang mundur karena persoalan infrastruktur. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs