Senin, 29 April 2024

Piala Dunia U-17 Bakal Jadi Magnet Wisatawan Luar Kota, Disiapkan 8 Tempat Wisata dan Transportasinya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya yang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November di Surabaya dan saat ini menjadi salah satu ikon Kota Surabaya. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memprediksi gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan jadi magnet untuk mendatangkan pengunjung atau wisatawan luar kota.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, untuk menyambut wisatawan, maksimal ada delapan wisata sejarah kebanggaan yang disiapkan.

“Ada tujuh sampai delapan tempat wisata, di antaranya rumah Bung Karno, Tugu Pahlawan, Jembatan Merah, makam WR Soepratman, Bung Tomo,” beber Eri, Selasa (3/10/2023).

Dari delapan lokasi itu nantinya akan disiapkan dalam paket wisata yang dikerjasamakan dengan travel.

“Tetap, paket wisata sudah kita siapkan untuk aktivitas sejarah. Nanti tamu-tamu yang datang kita berikan paket itu. Mungkin mau mereka berputar. Kita juga bekerja sama dengan travel-travel yang akan masuk ke Surabaya,” jelasnya.

Selain wisata, pemkot juga akan menjamin kemudahan transportasi. Terutama memfasilitasi penonton saat menyaksikan opening ceremony atau laga Piala Dunia U-17 2023 ke Stadion Gelora Bung Tomo.

“Jadi nanti akan ada Suroboyo Bus, Trans Semanggi, Feeder Wira-Wiri. Kita juga lagi diskusikan dengan tim PSSI termasuk dengan EO. termasuk untuk pembukaan seremonialnya. Insyallah menjadi kenangan terindah untuk warga Surabaya. Saya tetap dengan kepahlawanan dengan kerukunannya,” tandasnya.

Diketahui, sejumlah persiapan mulai dilakukan. Selain memastikan stadion siap pakai, pemkot juga memasang pernak-pernik di tempt publik untuk menggaungkan Surabaya salah satu tuan rumah.

Termasuk menggelar lomba sepak bola di tingkat kelurahan sekaligus menjaring bibit-bibit pesepakbola unggul. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs