Minggu, 28 April 2024

Presiden FIFA Optimistis Indonesia Bisa Jadi Negara Sepak Bola Terkemuka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Gianni Infantino Presiden FIFA bersiap menerima Bintang Jasa dari Jokowi Presiden RI, Jumat (10/11/2023), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Gianni Infantino Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengatakan, Indonesia bisa menjadi salah satu negara terkemuka di sektor sepak bola.

Dia optimistis, Indonesia di masa mendatang bukan cuma dominan di Asia Tenggara, tapi juga di kawasan Asia, bahkan dunia.

Pernyataan itu disampaikan Gianni Infantino, hari ini, Jumat (10/11/2023), usai menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Joko Widodo Presiden, di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Gianni, besarnya populasi Indonesia serta semangat dan kecintaan penduduknya terhadap sepak bola merupakan modal penting.

“Sepak bola adalah olahraga nomor satu di Indonesia. Tapi, yang penting kita tidak hanya fokus pada sepak bola di Indonesia saja, tetapi bagaimana bisa memainkan peran penting di Asia dan dunia,” ujarnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, FIFA siap bekerja sama dengan Indonesia. Salah satu bentuk konkretnya, FIFA membuka kantor perwakilan di Jakarta.

Alasan FIFA membuka kantor di Jakarta, lanjut Infantino, awalnya karena ada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka.

Dengan adanya kantor perwakilan di Jakarta, Presiden FIFA bilang pihaknya bisa lebih intensif membantu PSSI dengan menghadirkan para ahli persepakbolaan dari berbagai penjuru dunia.

“Dengan berkantor di sini, kami memiliki pakar yang berbeda-beda dalam hal hubungan dengan asosiasi nasional, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi untuk seluruh Asia Timur. Ahli di bidang keselamatan dan keamanan, juga ahli di stadion dalam memerangi pengaturan skor dan penyakit sepak bola lainnya. Juga yang terpenting, ahli dalam hal mengorganisasi kompetisi pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan hasilnya akan segera terlihat,” paparnya.

Sekadar informasi, siang ini, Jokowi Presiden dan Gianni Infantino meresmikan Kantor FIFA Cabang Asia, yang ada di Menara Mandiri, Jakarta Selatan.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs