Selasa, 27 Februari 2024

Rute Tanjakan di BCA CitraLand Marathon 2023 Jadi Tantangan bagi 3.000 Pelari

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu peserta BCA CITRALAND MARATHON 2023 berusaha keras untuk sampai ke garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net Salah satu peserta BCA CITRALAND MARATHON 2023 berusaha keras untuk sampai ke garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Gelaran BCA CitraLand Marathon 2023 di area CitraLand, Minggu (10/12/2023) diikuti 3000 pelari dari berbagai kota se Indonesia. Mereka mengikuti empat kategori jarak yaitu, full marathon (42K), half marathon (21K), 10K, 5K.

Para peserta diberangkatkan langsung oleh/ Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya/ pada pukul 05.30 WIB yang didampingi oleh para Direksi Ciputra Group dan Direksi BCA selaku sponsor utama kegiatan ini.

BCA CitraLand Marathun ini mengangkat tema B.T.S (Brave.Transformation.Stronger). Yang mana pihak penyelenggara berkomitmen mewujudkan marathon berskala nasional di masa depan.

Lauw Hendra Direktur Ciputra Grup mengatakan pada ajang kali ini elevansinya lebih tinggi dua kali lipat daripada rute tahun lalu. Melalui ajang lari ini, Hendra ingin mengajak para pelari menghadapi tantangan yang berbeda.

“Kita ingin memberi tantangan bagi warga Kota Surabaya dan sekitarnya juga. Saya selalu bilang kalau kita latihan di CitraLand bisa ikut event lari di mana saja pasti kuat, karena di sini kita speed dan tanjakan dapet semua,” ujarnya.

Dua perempuan peserta pelari Marathon BCA CITRALAND MARATHON 2023 melakukan selebrasi di depan garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Dua perempuan peserta pelari Marathon BCA CITRALAND MARATHON 2023 melakukan selebrasi di depan garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Meski medan yang dilalui di rute ini cukup menantang, namun antusiasme warga mengikuti ajang ini tak terbendung. Dalam tiga hari saja, 3000 kuota yang tersedia langsung penuh.

Rute yang menanjak dan banyak turunan pada ajang marathon di CitraLand ini juga diakui Billy dan Dimas Ayuna salah satu peserta marathon kali ini.

Billy yang mengiktui kategori lari 10 K melewati sekitar tujuh tanjakan dan enam turunan. Ia mengaku rute di CitraLand ini menjadi pengalaman tersendiri selama mengikuti ajang marathon di tempat lain.

“Jalurnya seperti bukan 10K karena penuh tanjakan, turunan,” ujar Billy.

Sementara Dimas Ayuna yang juga ikut kategori 10K mengaku medan lari di CitraLand ini lebih menguras tenaga lebih cepat.

“Biasanya lari di jalan datar seperti di tengah kota dan sekitarnya, tapi kena tanjakan di CitraLand bikin lebih engap,” tuturnya.

Wajah bangga dan lelah peserta BCA CITRALAND MARATHON 2023 setelah berhasil sampai di garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Wajah bangga dan lelah peserta BCA CITRALAND MARATHON 2023 setelah berhasil sampai di garis finish, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Medan lari yang menantang di CitraLand ini juga diantisipasi oleh panitia dengan menyediakan water station di banyak titik, sehingga membantu para peserta yang dehidrasi di tengah perjalanan.

Namun udara sejuk dan pepohonan rindang di kawasan CitraLand juga menjadi pengalaman baru bagi para pelari ketika mengikuti marathon di Kota Surabaya yang terkenal panas.

“Untungnya di CitraLand pemandangannya sejuk dan pemandangannya lebih hijau jadi bisa sedikit teralihkan, tapi gak bisa bohong kalau kaki panas kena tanjakan,” ucap Dimas.

Para peserta dari berbagai kategori sudah finish semua sekitar pukul 09.00 WIB. Usai melewati garis akhir, para peserta kategori FM dan HF nampak bangga dengan nafas terengah-engah dan wajah yang memerah.

Kini semua peserta saling berfoto dengan kawannya sembari memamerkan medali karena berhasil menuntaskan rute tanjakan dan turunan di CitraLand. Kemudian acara berikutnya diisi dengan live music dan bagi-bagi hadiah. Yang mana total hadiah dalam ajaang BCA CITRALAND MARATHON 2023 ini senilai Rp130 juta.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs