Rabu, 17 April 2024

Shayne Pattynama Pemain Keturunan Belanda Dipastikan Menjadi WNI

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Shayne Pattynama pemain sepak bola asal Belanda. Foto: PSSI

Shayne Pattynama bek kiri keturunan Belanda dipastikan PSSI menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023), ditandai dengan pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

“Alhamdulillah proses naturalisasi Shayne Pattynama telah mencapai langkah terakhir,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, diunggah di laman PSSI, Jumat malam.

Iriawan melanjutkan, setelah melafalkan sumpah setia, Shayne akan langsung mengurus pembuatan kartu tanda penduduk.

Seperti diberitakan Suara Surabaya sebelumnya, Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk pemain bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Joko Widodo Presiden setahun yang lalu tepatnya pada 3 Januari 2022.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang merestui Shayne menjadi WNI.

Ucapan terima kasih PSSI juga ditujukan kepada Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, Kemendagri dan semua yang terlihat dalam naturalisasi Shayne.

“Tentu saja saya dan masyarakat sepak bola nasional berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah internasional,” kata Iriawan dilansir dari Antara.

Dengan demikian, PSSI sudah menaturalisasi tiga pemain yang diproyeksikan memperkuat timnas senior Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelum Shayne, dua pesepak bola yang berposisi sebagai bek Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi berstatus WNI pada 17 November 2022.

Jordi Amat sudah menjalani debutnya bersama timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2022.(ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs