Senin, 29 April 2024

Shayne Pattynama Target Indonesia Tampil Maksimal di Piala Asia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Shayne Pattynama pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Shayne Pattynama pemain naturalisasi Indonesia yang berposisi sebagai bek ingin Timnas Indonesia tampil maksimal di Piala Asia 2023 mendatang.

Pemain Viking FK, klub asal Norwegia itu ingin setiap lawan atau orang yang melihat penampilan timnas Indonesia dapat melihat tim yang memiliki banyak talenta.

“Target saya di Piala Asia adalah menunjukkan bahwa tim kami adalah tim dengan bakat-bakat bagus,” ucap Shayne dilansir laman resmi PSSI, Senin (25/12/2023).

Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini ingin skuad Garuda tidak hanya jadi peserta, tapi mampu bersaing dengan tim lain. Terlebih, calon lawan di fase grup adalah tim-tim kuat.

“Kami datang bukan hanya untuk bermain tapi untuk bersaing dengan tim lain, karena kami bermain melawan tim-tim hebat. Jadi kami harus menunjukkan kepercayaan diri, bahwa tidak mudah (bagi tim lain) melawan kami,” tambahnya.

Pemain kelahiran Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998 ini juga menyatakan rasa bahagianya kembali bergabung dengan Timnas Indonesia.

“Sebelumnya saya memang sempat liburan setelah Liga Norwegia usai, tapi saya siap untuk latihan menghadapi Piala Asia,” kata Shayne.

Sebagai informasi, Shayne Pattynama merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia yang mendapatkan kewarganegaraannya melalui proses naturalisasi. Shayne resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengucap sumpah janji pewarganegaraan pada 24 Januari awal tahun lalu.

Sejak menjadi WNI, Shayne tercatat telah lima kali membela timnas Indonesia di berbagai ajang. Termasuk penampilan perdananya bersama Skuad Garuda kala menjamu Argentina pada FIFA Matchday 19 Juni lalu.

Terakhir Shayne membela skuad Garuda saat Indonesia kalah 1-5 dari Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua. Gol perdananya sekaligus menjadi gol tunggal Indonesia pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Basra itu.

Kini Shayne kembali dipercaya oleh Shin Tae-yong pelatih ikut pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki. Adapun TC di Turki dijadwalkan pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024mendatang.

Setelahnya tim akan bertolak ke Doha Qatar untuk mengikuti Piala Asia 2023, pada 12 Januari-10 Februari 2024. Pada Piala Asia, Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs