Minggu, 5 Mei 2024

Shin Tae-yong Optimistis Bisa Cetak Sejarah Baru untuk Timnas U-23

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Shin Tae-yong, pelatih tim nasional Indonesia U-23. Foto: PSSI

Shin Tae-yong pelatih tim nasional Indonesia U-23 optimistis dapat mencetak sejarah baru bagi timnas U-23, yaitu tampil pertama kalinya di putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April-3 Mei mendatang.

Hal itu disampaikannya mengingat Indonesia tinggal selangkah lagi menuju putaran final Piala Asia U-23, menyusul kemenangan telak 9-0 atas timnas China Taipei U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam kemarin.

Dikutip Antara, Shin yakin anak asuhnya bisa tampil untuk pertama kalinya sepanjang sejarah sejak turnamen itu pertama kali digelar pada 2012.

Apalagi, tim Garuda Muda hanya butuh hasil imbang melawan Turkmenistan U-23 pada laga pamungkas Grup K, Selasa (12/9/2023) besok, untuk lolos ke putaran final sebagai juara grup.

Sebagai pelatih, jika lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, Shin akan mengulangi catatan manisnya ketika berhasil membawa timnas senior berlaga pada putaran final Piala Asia di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

“Saya sangat yakin, seperti timnas senior lolos ke putaran final. Timnas U-23 pun juga bakal seperti itu,” ucap Shin kepada awak media di sela-sela memimpin latihan di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu.

Berbekal bermain di depan publik sendiri dan para pemain depannya yang tampil produktif pada laga perdana ketika berpesta sembilan gol ke gawang China Taipei, Shin yakin tim asuhannya dapat menampilkan permainan terbaik ketika melawan Turkmenistan nanti.

Namun, diakui hal itu tidaklah mudah. Pasalnya, menurut pelatih asal Korea Selatan itu, kualitas pemain Turkmenistan dinilai sedikit lebih baik.

Ia juga mewaspadai Shamammet Hydyrow pemain Turkmenistan bernomor punggung 11, yang pada laga melawan China Taipe, Rabu (6/9/2023) lalu mencetak hattrick.

“Saya yakin menyajikan pertandingan yang baik bagi kita sendiri, karena di sini pun ada fans sepak bola Indonesia. Apalagi kemampuan pemain Indonesia tidak kalah melawan Turkmenistan,” pungkasnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs