Jumat, 3 Mei 2024
Piala AFF

Timnas Indonesia Bungkam Filipina 2-1 di Stadion Rizal Memorial

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Marselino Ferdinan, pemain tim nasional Indonesia. Foto: PSSI

Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil membungkam Timnas Filipina dengan skor 2-1 dalam laga terakhir grup A piala AFF 2022 yang digelar di Stadion Rizal Memorial Filipina, pada Senin (2/1/2023).

Dalam pertandingan yang dimulai pada pukul 19.30 WIB itu, kedua kubu langsung menggencarkan serangan sejak menit-menit awal.

Alhasil, pada menit ke-21 Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu, yakni melalui Dendy Sulistyawan yang tandukannya gagal diantisipasi oleh kiper Filipina.

Unggul satu gol, Indonesia lebih meningkatkan serangan, dan pada menit ke-43 Marselino Ferdinan dapat menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Hingga wasit meniup peluit selesainya babak pertama, keunggulan dua gol masih bertahan untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak menurunkan intensitas serangan, Fahruddin Ariyanto dkk terus menggencarkan serangan.


Dendy Sulistyawan, pemain tim nasional Indonesia. Foto: PSSI

Pada menit ke-63 Ricky Kambuaya mendapatkan kesempatan di mulut gawang, namun tendangannya masih dapat diblok oleh kiper lawan, dan bola rebound yang disambar oleh Egy Maulana Vikri masih membentur mistar gawang Filipina.

Berada di penghujung babak kedua, tepatnya pada menit ke-83, Indonesia justru kebobolan melalui sundulan Sebastian Rassmusen yang berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Indonesia.

Gol tesebut memperkecil ketinggalan Filipina atas Indonesia, dan mengubah papan skor menjadi 2-1.

Lima menit tambahan waktu diberikan oleh wasit, kedudukan tidak berubah, serangan kedua tim tidak mampu menambah pundi-pundi gol pada penghujung pertandingan babak kedua.

Skor 2-1 kemenangan tipis untuk Indonesia atas Filipina bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua. Indonesia meraih tiga poin dalam pertandingan terakhir di Grup A ini.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs