Kamis, 20 Juni 2024

Timnas Indonesia Sukses Akhiri Puasa Medali Emas Selama 32 Tahun

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Irfan Jauhari (bawah) merayakan gol ketiga timnsa saat laga final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023). Foto: PSSI

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih emas SEA Games 2023 Kamboja usai taklukkan Thailand dalam final yang digelar di Satdion Olymipic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam.

Garuda Muda berhasil menuntaskan dahaga selama 32 tahun usai tikam tim Gajah Perang dengan skor 5-2.

Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra Nugraha. Sedangkan dua gol Timnas Thailand dicetak Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha.

Dalam laga tersebut, Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu melalui sundulan Ramadhan Sananta pada menit ke-20 setelah mampu memanfaatkan umpan melalui lemparan jarah jauh yang dilepaskan oleh Alfeandra Dewanga. Gol tersebut membawa Indonesia unggul 1-0.

Berada di penghujung babak pertama, tepatnya pada 45+4, Skuad Garuda Muda kembali berhasil mencetak gol setelah Rizky Ridho mengirmkan umpan jarak jauh dan berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ramadhan Sananta melalui sontekannya yang mengelabuhi kiper Timnas Thailand. Keunggulan 2-0 untuk Indonesia hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pertandingan semakin ketat, jual beli serangan diperlihatkan oleh kedua kubu.

Hingga pada menit ke-66, Thailand melalui Anan Yodsangwal berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 setelah mampu menyambut umpan tendangan sudut yang dikirimkan oleh rekan setimnya. Skor berubah menjadi 2-1.

Pertandingan belum berakhir, berada di penghujung babak kedua, Thailand kembali mencetak gol melalui Yotsakon, sehingga kedudukan berubah menjadi sama kuat 2-2, dan skor tersebut bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua.

Berlanjut ke extra time, Indonesia kembali memimpin pada menit ke-92 setelah Irfan Jauhari melepaskan tendangan chip yang mampu mengecoh kiper Thailand. Skor 3-2 keunggulan untuk Indonesia hingga extra time babak pertama usai.

Memasuki extra time babak kedua, Indonesia kembali mengubah papan skor menjadi 4-2 setelah Fajar Fathurrahman pada menit ke-107 mencetak gol.

Tak berhenti di situ, Timnas Indonesia kembali memperjauh jarak dengan Thailand usai Beckham Putra Nugraha menambah pundi-pundi gol pada menit ke-120 dan menjadikan keunggulan untuk Indonesia 5-2.

Hingga wasit yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit tanda berakhirnya partai final, skor tidak berubah dan Indonesia memastikan kemenangannya.

Hasil tersebut sekaligus membawa Timnas Indonesia kembali meraih medali emas sejak tahun 1991.(ris/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
28o
Kurs