Senin, 4 Maret 2024

Timnas U-22 Makin Termotivasi Usai Dengar Indonesia Terbebas dari Sanksi Berat FIFA

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI melalui panggilan video memotivasi timnas sepak bola Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 Kamboja dalam acara syukuran setelah Merah Putih terbebas dari sanksi berat FIFA di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Foto: Antara

Indra Sjafri Pelatih timnas sepak bola Indonesia U-22 mengatakan, para pemain menunjukkan motivasi berbeda setelah Erick Thohir Ketua Umum PSSI mengabarkan Indonesia terbebas dari sanksi berat dari FIFA.

Sebelumnya, para pemain yang dipersiapkan untuk SEA Games 2023 di Kamboja tersebut harap-harap cemas terkait sanksi FIFA yang diberikan setelah pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola U-20 2023.

“Mereka was-was dengan nasib timnas U-22 apakah akan sama seperti timnas U-20. Bersyukur tadi malam, kami mendapat berita (terkait sanksi FIFA) dan mereka sangat senang sekali. Tadi sore saat latihan, pemain menunjukkan motivasi berbeda,” ujar Indra dalam acara potong tumpeng sebagai tanda syukur Indonesia bebas dari sanksi berat FIFA di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Indra mengungkapkan, para pemain kini menunjukkan semangat untuk bisa mencapai target meraih medali emas dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bisa merealisasikan target medali emas di SEA Games Kamboja. Kali terakhir Merah Putih menjadi yang terbaik dalam pesta olahraga dua tahunan tersebut, pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Setelah itu, pencapaian terbaik Indonesia meraih medali perak masing-masing pada 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Melansir dari Antara, sepanjang sejarah SEA Games, Thailand menjadi negara mendominasi pada cabang sepak bola dengan mengemas 16 emas. Kemudian Malaysia di bawahnya dengan enam emas, Myanmar mengoleksi lima medali emas, dan Vietnam dengan tiga emas.

Adapun Indonesia baru dua kali menjadi yang terbaik. Selain pada 1991, sebelumnya prestasi serupa juga diraih pada SEA Games 1987 di Jakarta.

Pada SEA Games 2023, Indonesia tergabung di Grup A dalam babak penyisihan bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sementara Grup B dihuni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Erick dalam kesempatan itu dengan menggunakan panggilan video, juga memberikan motivasi kepada para pemain untuk terus mempersiapkan diri menghadapi SEA Games Kamboja.

“Saya mengucapkan terima kasih atas keseriusan tim pelatih dan para pemain dalam jangka pendek ini kita benar-benar serius, menjaga hati kita, pikiran kita, semangat kita untuk bisa mendapatkan yang terbaik pada SEA Games 2023,” kata Erick.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Senin, 4 Maret 2024
27o
Kurs