Selasa, 27 Februari 2024

Unesa FC Satu-Satunya Tim Kampus di Liga 3 Jawa Timur

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Launching tim Unesa FC di Gedung Fakultas Kedokteran Unesa Lidah Wetan, Surabaya, Jumat (1/12/2023). Foto: Istimewa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi satu-satunya tim kampus yang berpartisipasi di Liga 3 Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim) musim 2023/2024.

Sujarwanto manajer Unesa FC menegaskan bahwa timnya bermaterikan 100 persen civitas academica Unesa. Mulai dari kalangan pemain hingga pelatih.

“Ini adalah wujud mimpi Unesa untuk memberikan wadah kepada adik-adik, terutama dari olahraga sepak bola. Juga bentuk dukungan kepada PSSI agar sepak bola Indonesia makin baik,” kata Sujarwanto, Jumat (1/12/2023) siang.

Dengan terjun di kompetisi Liga 2, Unesa berharap sepak bola menjadi budaya di perguruan tinggi. Seperti basket di Amerika Serikat.

“Partisipasi Unesa FC di Liga 3 sekaligus menegaskan bahwa salah satu keunggulan Unesa adalah bidang olahraga. Banyak mahasiswa kami yang membela tim nasional,” terangnya.

Tim Unesa FC akan dibesut oleh David Agus Prianto. Ia adalah salah satu alumnus Unesa yang kini menjadi dosen di program studi pendidikan kepelatihan olahraga di sana.

David merupakan mantan pemain Persewangi Banyuwangi dan PSIL Lumajang. Serta eks pelatih Persesa Sampang dan Perseba Bangkalan.

“Tim kami bermaterikan 27 emain. Sebanyak 25 di antaranya adalah mahasiswa dan dua lainnya tenaga pendidik. Seluruhnya civitas academica Unesa, tidak ada (pemain) dari luar,” ungkapnya.

Kehadiran Unesa FC memperpanjang daftar kampus yang tampil di Liga 3. Sebelumnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) FC, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) FC, PS Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), serta Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs