Rabu, 1 Mei 2024

Unesa Tawarkan Beasiswa Kuliah Gratis untuk Eks Pemain Timnas U-20

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Nurhasan Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberi penawaran beasiswa kuliah gratis bagi eks skuad Timnas Indonesia U-20 yang gagal bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Pemberian beasiswa itu tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Unesa nomor 885/UN38/HK/BW/2023 tentang Beasiswa Pendidikan Atlet Sepak Bola Timnas U-20 Unesa, yang ditandatangani Nurhasan selaku Rektor pada Rabu 5 April 2023.

Nurhasan menyatakan, beasiswa itu diberikan kepada pemain Timnas U-20 yang sudah melakukan persiapan panjang, tetapi batal bertanding.

“Tidak mudah masuk seleksi skuad Timnas dan yang terpilih itu adalah putra dan anak-anak muda terbaik Tanah Air. Karena itu, kami berikan beasiswa kuliah gratis di Unesa,” jelasnya dalam keterangan yang diterima pada Kamis (6/4/2023).

Ia menambahkan, beasiswa itu diberikan dalam bentuk pembebasan biaya pendidikan mulai dari jenjang sarjana S1 sampai magister S2 di Unesa, dan diberikan sejak tahun akademik 2023/2024.

Penawaran beasiswa itu, kata dia, dapat dimanfaatkan para atlet untuk mengembangkan karirnya dalam dunia olahraga. Menurutnya Unesa memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) yang menaungi empat program studi, yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, dan Manajemen Olahraga.

“Prodi-prodi itu dapat semakin memperkuat kemampuan para atlet sepak bola dari sisi keilmuan atau sport science, yang tentunya memiliki prospek karir bagus bagi para atlet, baik itu sebagai praktisi atau pelatih, enterpreneur atau guru bahkan dosen di bidang olahraga,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk atlet yang ingin mengembangkan ilmu di bidang lain juga bisa memilih prodi-prodi yang ada di fakultas lain melalui beasiswa tersebut.

“Terkait beasiswa ini, kami sudah bersurat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI),” ucapnya.

Ia menjelaskan, beasiswa itu didasarkan pada berbagai pertimbangan. Di antaranya sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada atlet yang memiliki prestasi di bidang olahraga, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan potensi akademis para atlet berprestasi dalam bidang sepak bola.

Menurutnya, Indonesia tidak boleh lama terpuruk apalagi sampai terpecah belah akibat gagalnya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kekecewaan atas kegagalan itu, tegasnya, harus dijadikan pengalaman dan pelajaran untuk meningkatkan kualitas sepak bola Tanah Air ke depan.

“Untuk memperbaiki prestasi olahraga tanah air butuh kontribusi dan peran kita semua di masing-masing level. Kami di Unesa berusaha memberikan yang terbaik, salah satunya lewat beasiswa untuk atlet sepak bola Timnas U-20 ini,” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs