Selasa, 30 April 2024

Verstappen dan Norris Rebutan Posisi Tercepat di Sesi FP GP F1 Belanda, Ricciardo Crash

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Max Verstappen pembalap Red Bull dalam sesi FP GP F1 Belanda pada Jumat (25/8/2023). Foto: Reuters

Max Verstappen Pembalap Red Bull dan Lando Norris pembalap McLaren menjadi yang tercepat masing-masing di sesi latihan bebas (FP) 1 dan 2 menjelang Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, Jumat (25/8/2023).

Pada sesi pertama, Verstappen berhasil menjadi yang tercepat di kandangnya, sementara Fernando Alonso (Aston Martin) dan Lewis Hamilton (Mercedes) mengikuti di belakangnya dengan selisih tipis masing-masing 0,278 detik dan 0,373 detik dari Verstappen.

Posisi sepuluh besar pada sesi FP 1 diisi oleh Sergio Perez (Red Bull), Alexander Albon (Williams), Lando Norris (McLaren), Logan Sargeant (Williams), Oscar Piastri (McLaren), Yuki Tsunoda (AlphaTauri), dan Esteban Ocon (Alpine).

Pada sesi kedua, Norris mencuri perhatian dengan berhasil merebut posisi Verstappen sebagai yang tercepat, namun pada sesi yang sama, Daniel Ricciardo AlphaTauri mengalami kecelakaan dan segera dilarikan ke rumah sakit.

“Kami bisa mengonfirmasi bahwa Daniel Ricciardo telah dilarikan ke rumah sakit setempat dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah kecelakaan yang menimpanya di sesi latihan bebas kedua,” kata FIA dilansir Antara, Sabtu (26/8/2023).

“Saya mengharapkan dia tidak apa-apa dari kecelakaan tadi. Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana. Yang jelas, saya berharap dia baik-baik saja dan kesehatannya adalah prioritas utama kami semua di sini,” ungkap rekan satu tim Ricciardo, Tsunoda.

Terkait hasil akhir di sesi FP 2, Norris mencatat waktu tercepat diikuti oleh Verstappen dengan selisih 0,023 detik. Albon duduki posisi tiga besar dengan margin 0,269 detik dari sang pembalap McLaren.

Melengkapi 10 besar, ada Hamilton, Tsunoda, Pierre Gasly (Alpine), Perez, Lance Stroll (Aston Martin), Valtteri Bottas (Alfa Romeo), dan Alonso.

Verstappen menyatakan bahwa dia merasa kurang puas dengan penampilannya dalam sesi kedua, terutama dalam hal keseimbangan dan performa mobil RB19 yang digunakannya saat mencoba menguasai Zandvoort.

“Saya pikir ini adalah sesi yang baik saja. Tapi kami memiliki beberapa hal yang harus ditingkatkan. Walaupun berpacu dalam balapan panjang, saya kira saya bisa mengontrol mobil dengan baik. Jadi, ya, ini hari yang cukup baik,” ujar pembalap asal Belanda itu.

Sebagai informasi, Grand Prix Belanda merupakan balapan pembuka F1 paruh kedua usai jeda musim panas selama sebulan. GP Belanda akan diselenggarakan hingga Minggu (27/8/2023). (ant/bnt/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs