Selasa, 28 Mei 2024
Xpora Indonesia International Challenge 2023

Wakil Indonesia Diharap Panen Gelar di Xpora Indonesia International Challenge Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Armand Darmadji Ketua Panitia Pelaksana Xpora Indonesia International Challenge 2023 bersama dua pemain tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo (kiri) dan Chiara Marvella Handoyo (tengah). Foto: Istimewa

Kota Surabaya dipercaya untuk menggelar kejuaraan bulutangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023. Ajang ini dilaksanakan di Jatim International Expo, Surabaya pada 17-22 Oktober 2023.

Kota Surabaya menjadi kota kedua yang menggelar kejuaraan ini. Sebelumnya, Xpora Indonesia International Challenge 2023 berlangsung di Medan pada 29 Agustus hingga 3 September lalu.

Kejuaraan ini mempertandingkan lima nomor, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Dalam event sebelumnya di Medan, Indonesia berhasil memenangkan empat dari lima nomor yang dilombakan.

Alwi Farhan juara di tunggal putra, Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi yang terbaik di tunggal putri. Lalu Berry Angriawan/Rian Agung Saputro juara di ganda putra, dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum terbaik di nomor tunggal putri.

“Kami sebagai penyelenggara berharap sukses penyelenggaraan dan prestasi. Semoga para pemain Indonesia setidaknya bisa meraih empat gelar juara seperti di Medan,” harap Armand Darmadji Ketua Panitia Pelaksana Xpora Indonesia International Challenge 2023 dalam konferensi pers di Surabaya, Senin (16/11/2023).

Xpora Indonesia International Challenge 2023 diikuti 183 pemain dari sebelas negara. Mulai dari Prancis, India, Jepang, Australia, Korea Selatan, Malaysia, Sri Lanka, Tailand, Taiwan, Amerika Serikat (AS), dan tuan rumah Indonesia.

Turnamen yang memperebutkan total hadiah 25 ribu dolar AS ini diikuti total 66 pemain Indonesia. Terdiri dari 48 pemain pelatnas dan 18 pemain non pelatnas.

Nama-nama atlet pelatnas yang akan tampil di Kota Pahlawan di antaranya Jason Alexander Tegar Sulistio, Yohanes Saut Marcellyno, Ester Nurumi, Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum, dan Rahmad Hidayat/M. Rayhan Nur Fadillah.

Selain itu juga ada atlet muda yang membela Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF World Junior Championship (WJC) 2023 di Washington, Amerika Serikat. Mulai dari Chiara Marvella Handoyo, Priskila Venus Elsadai, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Turnamen level international challenge ini juga menyediakan poin ranking BWF. Juara mendapat 4.000 poin, runner-up 3.400 poin, semifinalis 2.800 poin, delapan besar 2.200 poin, 16 besar 1.520 poin, dan 32 besar 920 poin.

“Sebagai tuan rumah, kami bekerja keras untuk menyukseskan turnamen ini. Turnamen ini sangat ditunggu. Sebab kami juga merayakan HUT ke-78 Provinsi Jawa Timur,” kata Tony Wahyudi Ketua Pengprov PBSI Jatim. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs