Jumat, 19 Juli 2024

Asean University Game Cabor Futsal hingga Basket Akan Digelar di Unesa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Foto: Unesa

Asean University Games (AUG) 2024 akan digelar di Surabaya dan Malang pada, 25 Juni – 6 Juli 2024. Nantinya cabang olahraga (cabor) futsal, voli, basket, atletik dan petanque, akan diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Nurhasan PIC AUG 2024 yang juga Rektor Unesa mengatakan, event olahraga antar perguruan tinggi se-Asean itu, melibatkan partisipasi aktif dari 11 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina.

“Diperkirakan sekitar 4.000 sampai 5.000 orang, dari atlet, pelatih, official sampai suporter, dari berbagai negara akan datang ke Jatim dalam AUG 2024 ini,” katanya dalam keterangan, Senin (24/6/2024).

Sementara itu, Muhammad Arif Al Ardha Koordinator AUG 2024 mengatakan, perhelatan kompetisi bergengsi antar mahasiswa di tingkat Asia Tenggara itu, melibatkan sejumlah unsur yang tergabung dalam panitia, yakni PP Bapomi, KONI, Komite Olimpiade Indonesia, Pengurus Besar Cabang Olahraga dan Bapomi.

Sedangkan dari unsur pemerintah, yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, TNI-Polri, Direktorat Belmawa, Pusat Prestasi Nasional, dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

“Di daerah juga melibatkan peran Pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kota Malang, dan Pemerintah Kabupaten Malang,” imbuhnya.

Seperti diketahui, selain futsal, basket, voli, petanque dan atletik, ada juga cabor lain yang diperlombakan, yakni tennis, renang, sport climbing, judo, handball, wushu, bridge, chess, badminton, archery, beach volleyball, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate.

Selain di Unesa, perlombaan juga diadakan di beberapa lokasi, seperti di area KONI Jatim dan beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Surabaya (Ubaya), UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Islam Malang (Unisma). (ris/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
28o
Kurs