Jumat, 19 April 2024

Dani Alves Mantan Pemain Barcelona Dijatuhi 4,5 Tahun Penjara Atas Pelecehan Seksual

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dani Alves mantan pemain sepak bola asal Brazilduduk di pengadilan hari pertama persidangannya di Barcelona, Spanyol, 5 Februari 2024. Foto: Reuters Dani Alves mantan pemain sepak bola asal Brazilduduk di pengadilan hari pertama persidangannya di Barcelona, Spanyol, 5 Februari 2024. Foto: Reuters

Dani Alves mantan pemain Barcelona dijatuhi hukuman empat setengah tahun penjara karena melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di sebuah klub malam Barcelona, tahun 2022 lalu.

Sebelumnya, mantan pesepakbola asal Brazil itu bersikeras melakukan hubungan seks atas dasar suka sama suka dengan korban. Namun, pengadilan menemukan bukti kuat untuk menyanggah sangkalan tersebut.

“Hukuman tersebut atas pertimbangan bahwa telah terbukti korban tidak setuju atas tindakan tersebut, dan terdapat bukti lain yang mendukung tindakan pelaku, selain kesaksian penggugat,” kata Hakim pengadilan Audiencia Provincial de Barcelona, Kamis (22/2/2024) seperti dikutip Reuters.

Selain penjara, pengadilan tertinggi di wilayah Catalonia, Spanyol juga menuntut Alves untuk membayar 150.000 euro (sekitar Rp2,4 triliun) kepada korban.

Mantan pemain bertahan Barcelona berusia 40 tahun ini sebelumnya ditangkap pada bulan Januari 2023, dan telah ditahan sejak saat itu.

Kasus ini telah menyita cukup banyak perhatian publik, tidak hanya karena profil Alves, tetapi juga karena kekerasan gender telah menjadi topik yang semakin dominan dalam wacana publik Spanyol.

Kasus ini merupakan salah satu persidangan paling terkenal di Spanyol, sejak disahkannya undang-undang kekerasan seksual pada tahun 2022 yang menyatakan bahwa persetujuan kedua belah pihak sebagai elemen kunci dalam kasus-kasus kekerasan seksual.

“Kami puas karena hukuman tersebut mengakui apa yang telah kami katakan selama ini, korban mengatakan yang sebenarnya dan dia menderita,” kata David Saenz pengacara Alves kepada wartawan di luar gedung pengadilan.

Saenz juga menambahkan, timnya masih akan menganalisa apakah hukuman tersebut sesuai dengan beratnya kejahatan yang dilakukan Alves.

Sebagai informasi, Alves memenangkan lebih dari 40 trofi baik untuk Tim Nasional Brasil dan klub-klub termasuk Barcelona, Sevilla, Juventus dan Paris St Germain. Alves terakhir bermain untuk klub asal Meksiko Pumas UNAM sebelum dipecat usai ditangkap atas kasus pelecehan. (azw/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs