Sabtu, 27 April 2024

Erick Thohir Ajak Pengurus Setiap Cabor Memiliki Cetak Biru Prestasi Jangka Panjang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI menjadi narasumber sesi talkshow dalam acara Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa Komite Olimpiade Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024). Foto: Antara Erick Thohir Ketua Umum PSSI menjadi narasumber sesi talkshow dalam acara Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa Komite Olimpiade Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024). Foto: Antara

Erick Thohir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengajak pengurus setiap cabang olahraga di Indonesia agar memiliki cetak biru atau blueprint pengembangan prestasi olahraga dalam jangka panjang.

“Para kesempatan ini saya mengajak juga semua cabang olahraga agar mulai harus punya blueprint,” kata Erick seperti dilansir Antara pada Jumat (8/3/2024).

Ia mengatakan, adanya blueprint sangat penting dalam pengembangan setiap cabang olahraga untuk jangka panjang yang dapat didukung penuh oleh pemerintah.

Erick mengungkapkan, ketika dirinya ditugaskan oleh Joko Widodo Presiden RI untuk mengurus PSSI, ia juga langsung membuat blueprint pengembangan sepak bola Indonesia hingga tahun 2045.

Di dalam blueprint itu, kata dia, terdapat target-target seperti tim nasional puteri bisa masuk piala dunia pada tahun 2034, sementara tim nasional putera bisa masuk piala dunia pada tahun 2038.

Ia mengatakan, dengan segala keterbatasan yang ada, PSSI juga bisa membentuk tim perempuan dan Tim U-23 tidak menggunakan dana dari pemerintah.

Oleh sebab itu, kata dia, pengurus cabang olahraga harus berani menjabarkan mimpi-mimpi melalui blueprint yang di dalamnya juga berkaitan dengan sumber pendanaan dari pemerintah maupun swasta.

Lebih lanjut, Erick yang juga sebagai Anggota Komite Olimpiade Internasional mengingatkan agar pengurus cabang olahraga terus menjadikan atlet sebagai ujung tombak dalam pengembangan olahraga.

“Jangan sampai yang pengurus lebih top dari pada atlet. Ini penting, karena ego kita ada, padahal yang meski top itu atlet karena atlet yang mendatangkan dukungan lebih besar dari pemerintah, dari berbagai pihak, apalagi para atlet kita bisa berprestasi,” pungkasnya. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs