Sabtu, 27 April 2024

Komisi X DPR Berharap Renovasi Stadion Kanjuruhan Jadi Simbol Kebangkitan Sepak Bola Nasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim Komisi X DPR RI meninjau proyek renovasi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024). Foto: Istimewa

Komisi X DPR RI mendukung pemerintah dan pelaku olahraga khususnya sepak bola untuk bangkit kembali, serta mengurai satu per satu permasalahan yang ada.

Salah satu masalah yang disoroti Komisi X adalah tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan luka-luka.

“Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR kali ini khusus dalam bidang olahraga yang tidak lain sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dan pelaku olahraga. Sehingga, dibagi dalam tiga tim kunjungan yaitu ke daerah Bali, Sidoarjo, dan Malang lebih tepatnya meninjau proyek renovasi Stadion Kanjuruhan, Malang,” ujar Abdul Fikri Faqih Wakil Ketua Komisi X DPR RI saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024).

Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu lokasi kunjungan Komisi X DPR RI. Mereka ingin melihat secara langsung proyek renovasi Stadion Kanjuruhan yang menjadi salah satu langkah dalam menindaklanjuti tragedi itu.

Walau faktor stadion bukan penyebab tunggal terjadinya peristiwa tersebut, perbaikan fisik Stadion Kanjuruhan yang berstandard FIFA akan meminimalisir terjadinya peristiwa serupa di kemudian hari.

Berdasarkan peninjauan, legislator dari Fraksi PKS itu melihat ada beberapa perubahan fisik yang masih dalam pengerjaan dari stadion Kanjuruhan.

Seperti peningkatan luas stadion dengan kapasitas penonton yang lebih banyak lagi dengan tribun berjenis single seat.

Kemudian, renovasi stadion juga meliputi peningkatan tangga evakuasi, renovasi atap tribun, renovasi lapangan rumput, pagar dan gerbang keliling dengan zona aman, peningkatan toilet dan musala, serta penguatan struktur pondasi, dan bangunan.

“Bukan kapasitas kami menilai fisik dari proyek renovasi stadion ini, karena renovasi di bawah Kemeterian PUPR yang bermitra dengan Komisi V DPR RI. Tapi intinya kami sangat mendukung upaya perbaikan infrastruktur stadion sepak bola ini. Tentunya yang lebih aman dan nyaman, serta berstandard internasional,” tambahnya.

Turut serta dalam kunjungan spesifik itu antara lain Adriana Dondokambey, Djohar Arifin Husin, Fahmi Alaydroes dan Debby Kurniawan.

“Komisi X berharap pembangunan atau renovasi stadion Kanjuruhan, menjadi simbol bagi kebangkitan olahraga, khususnya cabang sepakbola di Tanah Air,” tandas Fikri Faqih. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs